Skripsi
Studi kolerasi antara bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran fiqih peserta didik kelas VIII Mts. Ma'arif Ngalian Kecamatan Wadaslintang Kabupaten Wonosobo tahun pelajaran 2011/2012
Bahwasanya Peranan Guru Pendidikan Agama Islam ini sangat penting bagi perkembangan anak untuk mencapai generasi yang lebih baik. Karena Pendidikan Agama Islam merupakan proses penanaman nilai-nilai Islami yang diharapkan ada pada peserta didik setelah menjalani proses pendidikan, baik perubahan pada tingkah laku individu dan kehidupan pribadinya maupun pada kehidupan masyarakat dan alam sekitarnya di mana subjek didik menjalani kehidupan.
Adapun bentuk kenakalan yang dilakukan siswa SMP Negeri 4 Punggelan seperti: membolos, mencoter-coret fasilitas sekolah, kurang sopan, gaduh saat pelajaran, mencontek.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengatasi kenakalan Siswa di SMP Negeri 4 Punggelan, maka dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan ada keterkaitan yang cukup baik dari Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam mengarahkan /mendidik siswa yaitu 60%, Peran Guru pendidikan Agama Islam dalam mengawasi siswa yaitu 60%, Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam mencegah agar tidak terulang kembali yaitu 60%, peran Guru pendidikan Agama Islam dalam member sangsi yaitu 60%, peran Gurur pendidika Agama Islam dalam mendisiplinkan siswa yaitu 59,95%. Dalam hal ini ada beberapa faktor yang menyebabkan kurang maksimalnya peranan guru PAI dalam membimbing siswa:
1. Kurangnya tenaga pendidik khususnya guru Pendidikan Agama islam di SMP Negeri 4 Punggelan.
2. Kurangnya pemahaman siswa terhadap perilaku yang dapat merugikan diri mereka sendiri.
3. kurangnya penanganan yang serius terhadap siswa yang bermasalah.
4. Kurangnya tempat berekspresi siswa di sekolah.
Kata Kunci: Peranan, Guru Pendidikan Agama Islam, kenakalan siswa.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain