Skripsi
Model pembelajaran scientifik pada pendidikan agama islam di SMP negeri 1 Punggelan semester gasal tahun ajaran 2014/2015
Ikmah Mujianti. 2014, Model Pembelajaran Scientifik Pada Pendidikan
Agama Islam di SMP Negeri 1 Punggelan Semester Gasal Tahun Pelajaran
2014/2015, Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas
Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Unversitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Jawa
Tengah Di Wonosobo.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana
konsep pembelajaran scientifik. Untuk mengetahui bagaimana implikasi
pembelajaran scientifik pada mata pelajaran PAI. Dan untuk mengetahui
bagaimana hambatan dan peluang pembelajaran scientifik pada mata
pelajaran PAI di SMP N 1 Punggelan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, Adapun
yang digunakan dalam pengumpulan data diperoleh dari observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis
menggunakan analisis deskriptif yang bertujuan untuk menjelaskan aspek
yang relevan dengan fenomena yang diamati dan menjelaskan karakteristik
fenomena atau masalah yang ada.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
scientifik di SMP Negeri 1 Punggelan menggunakan enam langkah
pembelajaran sesuai dengan kurikulum 2013. Manfaat Mendorong dan
menginspirasi siswa berpikir secara kritis, analistis, dan tepat dalam
mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan
materi pembelajaran PAI. Adapun hambatanya adalah kurangnya bahan
ajar dan fasilitas yang kurang lengkap. Sehingga solusinya semua pihak
sekolah harus bekerjasama dan memberikan fasilitas sebagai pendukung.
Kata Kunci : Pembelajaran, Scientifik, PA
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain