Skripsi
Kontribusi Matematika Siswa Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Fisika Kelas Xi Ipa Ma Negeri Wonosobo Tahun Pelajaran 2015/2016)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara (1) kemampuan matematika siswa terhadap minat belajar fisika, (2) kemampuan matematika siswa terhadap hasil belajar fisika, (3) kemampuan matematika siswa terhadap minat dan hasil belajar fisika.
Penelitian ini menggunakan analisis korelasi yang berarti penelitian yang mencari hubungan antara dua variabel atau lebih. Variabel dalam penelitian ini terbagi menjadi tiga yaitu variabel bebas X (kemampuan matematika), variabel terikat Y (minat belajar fisika) dan (hasil belajar fisika). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MAN Wonosobo. Sample dipilih dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi product moment dan uji hipotesis dilakukan dengan analisis korelasi ganda. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dengan membandingkan hasil perhitungan x2 dengan r tabel.
Berdasarkan analisis data pada taraf signifikansi 5% dihasilkan (1) Terdapat hubungan antara kemampuan matematika siswa terhadap minat belajar fisika, hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan rhitung > rtabel (0,853 > 0,355), (2) terdapat hubungan antara kemampuan matematika siswa terhadap hasil belajar fisika, dibuktikan dari hasil perhitungan rhitung > rtabel (0,939 > 0,355), (3) terdapat hubungan antara kemampuan matematika siswa terhadap minat dan hasil belajar fisika, dibuktikan dari hasil perhitungan rhitung > rtabel (0,949 > 0,355).
Kata Kunci : Kemampuan Matematika, Minat belajar, Hasil Belajar Fisika
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain