Skripsi
Kegiatan Ekstrakurikuler Pusat Informasi Dan Konseling (Pik) Sebagai Pembentuk Karakter Peserta Didik Di Mts Ma'arif Sapuran Wonosobo Tahun Pelajaran 2015/2016
Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang di dalamnya terdapat berbagai bentuk kegiatan yang dapat membentuk pribadi atau karakter peserta didik menjadi lebih baik lagi. Di samping proses pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas, sekolah juga mengadakan kegiatan yang berada di luar jam pembelajaran seperti kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler. Dalam membangun karakter peserta didik yang lebih baik, kegiatan ekstrakurikuler sangat berpengaruh sekali terhadap pembentukan karakter bagi peserta didik. Pengaruh lingkungan yang semakin mengkhawatirkan, membuat guru cemas akan peserta didik yang mudah sekali untuk diprovokasi ke dalam hal-hal kesenangan di dunia. Untuk mencegah itu semua, guru perlu memperkuat pribadi peserta didik dengan perantara kegiatan-kegiatan yang ada di dalam sekolah seperti kegiatan ekstrakurikuler pusat informasi dan konseling (PIK). Banyak kegiatan-kegiatan di dalam pusat informasi dan konseling (PIK) yang dapat digunakan sebagai sarana untuk membangun karakter peserta didik. Seperti dalam halnya membangun sikap yang taat akan perintah agama, dan juga sikap-sikap positif lain yang dapat memperbaiki pribadi peserta didik menjadi pribadi yang memiliki akhlakul karimah.
Penulis dalam menyelesaikan penulisan skripsi yang berjudul Kegiatan Ekstrakurikuler Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Sebagai Pembentuk Karakter Peserta Didik di MTs Ma’arif Sapuran Wonosobo Tahun Pelajaran 2015/2016 ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Dan dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi serta penyebaran angket kepada peserta didik. Untuk menganalisis hasil penelitian, penulis menggunakan teknik analisis product moment. Sehingga, penulis bisa mengetahui apakah ada pengaruh kegiatan ekstrakurikuler pusat informasi dan konseling (PIK) terhadap pembentukan karakter peserta didik di MTs Ma’arif Sapuran Wonosobo.
Hasil dari penelitian ini adalah terdapat hubungan atau pengaruh antara kegiatan ekstrakurikuler pusat informasi dan konseling (PIK) dengan karakter peserta didik di MTs Ma’arif sapuran Wonosobo, dengan hasil r hitung = 0,6914 dan hasil t hitung = 4,6885. Sehingga dapat diketahui r hitung > r tabel (0,6914 > 0,388/0,4906) dan t hitung > t tabel (4,6885 > 2,49/1,7). Dengan demikian, hipotesis yang diajukan diterima (signifikan).
Kata Kunci: ekstrakurikuler, pusat informasi dan konseling, ka
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain