UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo

Universitas Sains Al-Quran Jawa Tengah di Wonosobo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

Efektifitas penerapan model pembelajaran langsung (direct instruction) dengan media animasi untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika ditinjau dari gaya belajar siswa (studi kasus pembelajaran fisika pokok bahasan getaran dan gelombang kelas viii semester genap di mts salafiyah paninggaran kab. Pekalongan tahun pelajaran 2015/2016)

Khasanah, Nurul Khafidlotun - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran langsung (direct instruction) dengan menggunakan media animasi terhadap pemahaman konsep fisika. 2) Untuk mengetahui pengaruh gaya belajar siswa (visual, auditori, kinestetik) terhadap pemahaman konsep. 3) untuk mengetahui interaksi antara penggaruh penggunaan model pembelajaran langsung (direct instruction)menggunakan media animasi dengan gaya belajar siswa terhadap pemahaman konsep fisika.
Penelitian ini dilakukan dalam bentuk eksperimen. Dengan menggunakan metode penelitian factorial design. Siswa dibagi menjadi dua kelompok yaitu, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kedua kelompok diberi angket gaya belajar siswa. Siswa kelompok eksperimen diberi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran langsung (direct instruction)dengan menggunakan media animasi sedangkan kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dikenakan tes akhir berupa tes pemahaman konsep kemudian hasilnya diolah dan dibandingkan untuk mengetahui pemahaman konsep. Populasidalam penelitian ini adalah siswa MTs Salafiyah Paninggarankelas VIIItahun akademik 2015/2016. Dari populasi tersebut di atas diambil dua kelas sehingga sampel penelitian yaitu kelas VIII A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 31 siswa dan kelas VIIIDsebagai kelas eksperimen dengan jumlah 29 siswa.
Untuk perhitungan anava dua jalan didapatkan:1) hipotesis pertama diperoleh Fhitung = 5,34 >F(0,05;1;54) =4,02 dengan taraf signifikasi 5% dan Fhitung = 5,34 F(0,05;2;54) = 3,17 dan Fhitung = 7,85> F(0,01;2;54) = 5,02 . Maka H0Aditerima. Ini menunjukanada pengaruh gaya belajar siswa(visual, auditori, kinestetik) terhadap pemahaman konsep fisika.3) Hipotesis ketiga, diperoleh Fhitung = 1,98> F(0,05;2;54) = 3,17 dan Fhitung = 1,98> F(0,01;2;54) = 5,02 . Maka H0Aditerima. Ini menunjukan tidak ada interaksi antara pengaruh penggunaan model pembelajaran langsung (Direct Instruction)menggunakan media animasi dengan gaya belajar siswa terhadap pemahaman konsep fisika.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction), Media Animasi, Pemahaman Konsep Fisika, Gaya Belajar Siswa


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
FITK 3772 KHA e
Penerbit
Wonosobo : FITK UNSIQ Wonosobo., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Model pembelajaran langsung
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Nurul Khafidlotun Khasanah
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?