Skripsi
Efektifitas penerapan model pembelajaran langsung (direct instruction) dengan media animasi untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika ditinjau dari gaya belajar siswa (studi kasus pembelajaran fisika pokok bahasan getaran dan gelombang kelas viii semester genap di mts salafiyah paninggaran kab. Pekalongan tahun pelajaran 2015/2016)
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran langsung (direct instruction) dengan menggunakan media animasi terhadap pemahaman konsep fisika. 2) Untuk mengetahui pengaruh gaya belajar siswa (visual, auditori, kinestetik) terhadap pemahaman konsep. 3) untuk mengetahui interaksi antara penggaruh penggunaan model pembelajaran langsung (direct instruction)menggunakan media animasi dengan gaya belajar siswa terhadap pemahaman konsep fisika.
Penelitian ini dilakukan dalam bentuk eksperimen. Dengan menggunakan metode penelitian factorial design. Siswa dibagi menjadi dua kelompok yaitu, kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kedua kelompok diberi angket gaya belajar siswa. Siswa kelompok eksperimen diberi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran langsung (direct instruction)dengan menggunakan media animasi sedangkan kelompok kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dikenakan tes akhir berupa tes pemahaman konsep kemudian hasilnya diolah dan dibandingkan untuk mengetahui pemahaman konsep. Populasidalam penelitian ini adalah siswa MTs Salafiyah Paninggarankelas VIIItahun akademik 2015/2016. Dari populasi tersebut di atas diambil dua kelas sehingga sampel penelitian yaitu kelas VIII A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 31 siswa dan kelas VIIIDsebagai kelas eksperimen dengan jumlah 29 siswa.
Untuk perhitungan anava dua jalan didapatkan:1) hipotesis pertama diperoleh Fhitung = 5,34 >F(0,05;1;54) =4,02 dengan taraf signifikasi 5% dan Fhitung = 5,34 F(0,05;2;54) = 3,17 dan Fhitung = 7,85> F(0,01;2;54) = 5,02 . Maka H0Aditerima. Ini menunjukanada pengaruh gaya belajar siswa(visual, auditori, kinestetik) terhadap pemahaman konsep fisika.3) Hipotesis ketiga, diperoleh Fhitung = 1,98> F(0,05;2;54) = 3,17 dan Fhitung = 1,98> F(0,01;2;54) = 5,02 . Maka H0Aditerima. Ini menunjukan tidak ada interaksi antara pengaruh penggunaan model pembelajaran langsung (Direct Instruction)menggunakan media animasi dengan gaya belajar siswa terhadap pemahaman konsep fisika.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction), Media Animasi, Pemahaman Konsep Fisika, Gaya Belajar Siswa
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain