Skripsi
Upaya meningkatkan prestasi peserta didik kelas VII f Mts Ma'arif Kertek tahun pelajaran 2015/2016 (studi tentang pelaksanaan tahfidul qur'an)
Dalam Undang-undang no. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional telah ditegaskan bahwa, Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran tahfidzul Qur’an dalam membentuk karakter siswa, dan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas pelajaran pelaksanaan dalam membentuk karakter siswa kelas VII MTs Ma’arif Kertek tahun pelajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, desain ini penulis gunakan karena penelitian yang akan penulis lakukan lebih terfokus pada kondisi kelas VII MTs Ma’arif Kertek mengenai pelaksanaan tahfidzul Qur’an semester gasal tahun pelajaran 2015/2016. Alat pengumpul datanya menggunakan observasi, wawancara, kuesioner atau angket, dokumentasi, instrumen penelitian, dan keabsahan data. Data-data yang sudah dikumpulkan, selanjutnya dianalisa untuk mendapatkan jawaban dari rumusan masalah pada penelitian ini. Penelitian ini mencari data dari (informan) guru, peserta didik, dan kepala sekolah.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan : (1) Proses kegiatan belajar mengajar tahfidz adalah suatu kegiatan menghafal al-Qur’an bil ghoib artinya membaca al-Qur’an dengan tidak membuka al-Qur’an atau melihat catatan pada waktu setoran atau ulangan. (2) Pelaksanaan tahfidzul Qur’an tidak ada kendala yang berarti artinya berlangsung dengan lancar dan membuahkan hasil sebagaimana yang direncanakan. (3) Upaya-upaya guru mata pelajaran tahfidz dapat berjalan dengan efektif karena siswa–siswi aktif melakukan simakan teman sebaya dan guru tahfidz memberi tugas tugas yang lain sehingga ketika setoran hafalan bisa lancar. (4) Prestasi hafalan siswa-siswi selalu ada peningkatan. (5) Kelas tahfidz pada khususnya dan kelas umum lainnya pada umumnya memiliki karakter akhlak mulia baik ucapan perbuatan maupun tingkah laku terhadap orang tua, guru dan teman sepergaulan. (6) Apresiasi orang tua/ wali terhadap putra-putrinya selalu mendorong memberi motivasi untuk menjaga kesehatan dan belajar yang lebih tekun.
Kata kunci : Tahfidzul Qur’an, menghafal.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain