Skripsi
Peningktan Hasil Belajar Bahasa Arab Menggunakan Strategi Pembelajaran Card Sort Pada Siswa Kelas Viii Di Smp Nusantara Wonosobo
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab dengan Menggunakan Strategi Card Sort pada Siswa Kelas VIII di SMP Nusantara Wonosobo.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian lapangan dan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Nusantara Wonosobo yang berjumlah 31 siswa. Sampel yang diambil adalah 2 kelas, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi.
Data hasil analisis akhir menggunakan uji-t dan uji gain. Hasil analisis uji-t dengan taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa hasil dari thitung sebesar 4,921 dan ttabel = 2,045, berarti thitung > ttabel. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan prestasi belajar bahasa Arab siswa kelas VIII SMP Nusantara Wonosobo yang menggunakan Strategi Card Sortdengan metode ceramah (konvensional). Dari uji gain untuk kelas eksperimen diperoleh nilai 0,42 dengan kriteria sedang. Sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh nilai 0,21 dengan kriteria rendah. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang sama-sama baik pada kelas eksperimen dengan menggunakan Strategi Card Sort dan kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional.
Kata Kunci: Peningkatan Hasil Belajar, Strategi Card Sort
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain