Skripsi
Studi Komparasi Keterampilan Membaca Al-Qur'an Berdasarkan Asal Sekolah Siswa (Studi Kasus Siswa Kelas Vii Mts Ma'arif Kaligowong Kecamatan Wadaslintang Tahun Pelajaran 2015/2016)
Penelititian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaankemampuan membaca al-Qur’an antara siswa lulusan MI dan SD pada kelas VII MTs Ma’arif Kaligowong Kecamatan Wadaslintang Tahun Pelajaran 2015/2016.Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapanngan (field research)dengan teknik komparasi. Subyek penelitian sebanyak 35 respondenmenggunakan penelitian populasi. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknikanalisis komparasi menggunakan rumus t-tes.
Pengujian hipotesis penelitianmenunjukkan bahwa: terdapat perbedaan kemampuan membaca al-Qur’an antarasiswa lulusan MI dan SD dengan perolehan mean XI 66,5 sedangkan mean X277,9. harga t = -0,02. Harga t tersebut selanjutnya dibandingkan dengan harga t tabel dengan dk = n1 + n2 – 2 = 15 + 20 – 2 = 33. Dengan dk = 33 dan bila taraf kesalahan , ditetapkan sebesar 5%, maka t tabel = 0,344. Harga t hitung lebih besar dari tabel (-0,02 > -0,344) sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi terdapat perbedaan secara signifikan antara kemampuan membaca al Qur’an siswa lulusan SD dan siswa lulusan MI di MTs Ma’arif Kaligowong Kecamatan Wadaslitang Tahun Pelajaran 2015/2016.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasidan masukan bagi lembaga pendidikan dan guru untuk meningkatkan mutupendidikan dan kompetensi guru hususnya dalam kemampuan membaca al-Qur’an.
Kata Kunci :Studi Komparasi, Ketrampilan Membaca al Qur’an, Asal Sekolah.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain