Skripsi
Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Kepribadian Siswa Kelas Viii Di Smp N 1 Banjarmangu Banjarnegara Tahun Pelajaran 2014/2015
Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter di SMP N 1 Banjarmangu Banjarnegara Tahun Pelajaran 2014/2015, 2) untuk mengetahui kepribadian siswa di SMP N 1 Banjarmangu Banjarnegara Tahun Pelajaran 2014/2015 dan 3) untuk mengetahui pengaruh pendidikan karakter terhadap kepribadian siswa di SMP N 1 Banjarmangu Banjarnegara Tahun Pelajaran 2014/2015.
Sampel atau responden dalam penelitian ini berjumlah 34 siswa kelas VIII yang diambil 10 % dari total jumlah populasi siswa kelas VIII yang berjumlah 224 siswa. Variabel X dalam penelitian ini adalah pendidikan karakter, dan variabel Y nya adalah kepribadian siswa kelas VIII SMP N 1 Banjarmangu Banjarnegara Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupkan penelitian lapangan jenis kuantitatif, yakni suatu penelitian yang dituntut menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, penafsiran terhadap data tersebut, serta penampilan hasilnya.
Adapun metode yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen angket untuk menjaring data dan informasi mengenai penerapan pendidikan karakter dan kepribadian siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Banjarmangu Banjarnegara Tahun Pelajaran 2014/2015. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis kuantitatif menggunakan rumus r product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif atau signifikan antara pendidikan karakter dengan kepribadian siswa kelas VIII di SMP N 1 Banjarmangu Banjarnegara Tahun Pelajaran 2014/2015. Hasil penelitian menunjukkan bahwa r0 ≥ rt dengan harga rxy = 0,485 yang telah dikonsultasikan dengan rtabel, dan hasilnya menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 1%, r0 ≥ rt yakni 0,485 ≥ 0, 436, dan pada taraf signifikansi 5%, r0 ≥ rt yakni 0,485 ≥ 0,339. Secara keseluruhan hasil rxy ≥ rtabel baik pada taraf signifikansi r 1% maupun pada taraf signifikansi r 5% yang berarti hasil penelitian signifikan dan hipotesis yang diajukan diterima kebenarannya.
Kata kunci: pendidikan, karakter, kepribadian
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain