Skripsi
Pengaruh Kualitas Input Peserta Didik Dan Banyaknya Jam Pelajaran Sebelum Pelajaran Fisika Terhadap Prestasi Belajar Fisika (Kelas X Bidang Studi Keahlian Teknologi Informasi Dan Komunikasi Smk Negeri 1 Wonosobo)
Pemberlakuan 5 hari sekolah di Wonosobo yang hanya diberlakuakan pada tingkat sekolah menengah atas dan keguruan akan menambah beban belajar peserta didik di sekolah. Hal ini akan mengakibatkan kelelahan belajar baik secara fisik ataupun psikologis. Hal ini akan mengakibatkan menurunya prestasi belajar. selain beban belajar kualitas input peserta didik berpengaruh pada prestasi belajar.
Penelitian yang dilakukan di SMK 1 wonosobo kelas X bidang studi keahlian teknologi informasi dan komunikasi tentang pengaruh banyaknya jam pelajaran sebelum pelajaran fisika dan kualitas input peserta didik mendapatkan bahwa terdapat pengaruh antara kedua variabel tersebut dengan koefisien determinasi sebesar 11.9% dan F hitung sebesar 9.881. Pengaruh yang kecil ini mengindikasikan bahwa masih terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi prestasi belajar. salah satunya adalah minat belajar yang dapat kurangnya dampak kelelahan secara psikologis. Hal ini dibuktikan dengan nilai angket sebesar 66% yang masuk dalam kategori tinggi. Tingginya minat belajar kelas X bidang studi keahlian teknologi informasi dan komunikasi membuat tidak terjadinya kejenuhan belajar yang diakibatkan oleh banyaknya beban belajar.
Kata Kunci : 5 hari sekolah, banyaknya jam sebelum pelajaran fisika, kualitas input, minat belajar, kejenuhan belajar
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain