Skripsi
Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Rutin Zikir Asma'ul Husna Dan Salawat Nariyah Berjamaah Di Madrasah Ibtidaiyah Ma'arif Klesman, Mojotengah, Wonosobo Tahun Pelajaran 2015/2016
Pendidikan yang ada saat ini lebih menekankan pada aspek kognitif peserta didik. Hal ini terbukti dengan banyaknya kasus yang memberitakan tentang buruknya karakter masyarakat Indonesia. Pendidikan karakter menjadi sangat penting dan harus mulai diterapkan di berbagai lembaga pendidikan. Khususnya lembaga pendidikan berbasis agama, karakter ditanamkan melalui berbagai kegiatan keagamaan. Salah satunya adalah kegiatan pembiasaan zikir dan pembacaan şalawat, di mana kedua kegiatan tersebut dapat membawa dampak positif terhadap karakter peserta didik.
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui cara mendidik siswa menjadi berkarakter, mengetahui tahapan kegiatan, peneladanan, serta karakter yang dimungkinkan tertanam pada peserta didik melalui kegiatan zikir Asmāʻul Ḥusna dan şalawat Nariyah di MI Ma’arif Klesman Mojotengah, Wonosobo. Dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, pengumpulan data menggunakan metode observasi non partisipatif, wawancara dengan pihak terkait (diantaranya adalah kepala sekolah, guru, dan peserta didik), serta metode dokumentasi. Untuk analisisnya, penulis berusaha menggambarkan tahapan yang diterapkan di MI Ma’arif Klesman untuk mendidik peserta didik agar lebih berkarakter, kegiatan yang diteliti (dalam hal ini adalah kegiatan zikir Asmāʻul Ḥusna dan şalawat Nariyah), peneladanannya, serta gambaran karakter peserta didik melalui peneladanan tersebut.
Kata kunci: pendidikan karakter, kegiatan rutin, asmāʻul ḥusna, şalawat nariyah
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain