Skripsi
Studi korelasi kemampuan membaca al-qur'an dengan metode yanbu'a dan metode iqro' siswa SMP Ma'arif NU 01 Karangkobar tahun pelajaran 2013/2014
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan metode yanbu’a dan iqro’ dalam pembelajaran Al Qur’an pada siswa SMP Ma’arif NU 01 Karangkobar tahun pelajaran 2013/2014. (2) Untuk mengetahui kemampuan membaca Al’Qur’an siswa SMP Ma’arif NU 01 Karangkobar tahun pelajaran 2013/2014. (3) Untuk mengetahui komparasi penerapan metode yanbu’a dan iqro’ dalam pembelajaran Al Qur’an terhadap kemampuan membaca Al’Qur’an siswa SMP Ma’arif NU 01 Karangkobar tahun pelajaran 2013/2014.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yaitu jenis data yang diukur secara langsung atau lebih tepatnya dapat dihitung dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara dan angket.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Bahwa dari hasil perhitungan rata-rata variabel nilai membaca Al Qur’an dengan metode Yanbu’a, adalah sebesar 79,68. Hal ini berarti bahwa nilai membaca Al Qur’an dengan metode Yanbu’a, siswa SMP Ma’arif NU 01 Karangkabar Banjarnegara tahun pelajaran 2013/2014 adalah Baik, yaitu pada interval 76-85. (2) Bahwa dari perhitungan rata-rata variabel nilai membaca Al Qur’an dengan metode Iqro’ adalah sebesar 66,20. Hal ini berarti bahwa nilai membaca Al Qur’an dengan metode Iqro’ siswa SMP Ma’arif NU 01 Karangkabar Banjarnegara tahun pelajaran 2013/2014 adalah Cukup, yaitu pada interval 65-7. (3) Bahwa dari uji hipotesis dengan rumus product moment analisis uji hipotesis diketahui ada hubungan yang signifikan antara penerapan metode yanbu’a dan iqro’ terhadap kemampuan membaca Al’Qur’an siswa SMP Ma’arif NU 01 Karangkobar Banjarnegara tahun pelajaran 2013/2014. Hal ini ditunjukkan dari nilai koefisien pengaruh dengan moment tangkar dari Pearson, bahwa rxy = 0,663641 > rt = 0,05 (0,423) dan rxy = 0,663641 > rt = 0,01 (0,537). Dengan rxy > rt (0,05 dan 0,01) berarti signifikan dan hipotesis yang menyatakan ada perbedaan yang signifikan antara penerapan metode yanbu’a dan iqro’ terhadap kemampuan membaca Al’Qur’an siswa SMP Ma’arif NU 01 Karangkobar Banjarnegara tahun pelajaran 2013/2014 adalah diterima.
Kata Kunci : Yanbua’, Iqro’, Membaca Al Qur’an
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain