Skripsi
Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Metode Demonstrasi Di Kelas Viii Smp Negeri 1 Kaliwiro Tahun Pelajaran 2015/2016
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran PAI dengan menggunakan metode demonstrasi di kelas VIII pada SMP N 1 Kaliwiro Tahun Pelajaran 2015/2016 dan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran PAI dengan metode demonstrasi di kelas VIII pada SMP N 1 Kaliwiro Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan Classroom Action Research (CAR) atau penelitian tindakan kelas (PTK). Langkah-langkah yang digunakan dalam metode demonstrasi pada pembelajaran PAI di SMP N 1 Kaliwiro yang pertama adalah perencanaan, guru PAI menjelaskan terlebih dahulu maksud dan tujuan sebelum melakukan demonstrasi. Yang kedua, pelaksanaan. Pada pelaksanaan peran guru PAI adalah menegur dan memperbaiki kesalahan siswa bila ada siswa yang salah ketika melakukan demonstrasi di depan kelas. Selanjutnya ketiga adalah evaluasi, sebagai tindak lanjut guru memberikan evaluasi. Penggunaan metode demonstrasi pada pembelajaran PAI dapat dilihat dari dampak langkah-langkah metode demonstrasi terhadap siswa adalah siswa dapat mempraktekkannya dengan lebih baik dari sebelumnya. Penggunaan metode demonstrasi pada pembelajaran PAI sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan pengalaman.
Hasil Uji Pokok Bahasan I menunjukkan bahwa belum semua siswa tuntas individu maupun klasikal karena masih terdapat 19 atau 76% siswa yang tuntas belajar, sedangkan sisanya sebanyak 6 atau 24 % siswa belum tuntas belajar. Nilai rata-rata yang dicapai siswa pada siklus I adalah 78,2. Akan tetapi, guru telah berhasil membangun hubungan yang baik dengan siswa sehingga mempermudah guru dalam membimbing dan mengarahkan siswa dalam belajar. Pada siklus II, pembelajaran lebih baik. Pembelajaran dengan berdiskusi membuat siswa tampak gembira dan senang, dan selama proses pembelajaran berlangsung, kelas terkontrol hingga akhir pelajaran. Berdasarkan ulangan harian pada siklus II terdapat 23 atau 88% siswa yang tuntas belajar, sedangkan sisanya sebanyak 2 atau 12 % siswa belum tuntas belajar. Nilai rata-rata yang dicapai siswa pada siklus I adalah 85. Hal ini menunjukkan efektifitas metode demonstrasi pada materi sujud diluar shalat
Kata Kunci: Efektifitas, Metode Demonstrasi, PAI
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain