UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo

Universitas Sains Al-Quran Jawa Tengah di Wonosobo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

Efektivitas Model Pembelajaran React (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating And Transferring) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Dan Kemampuan Berpikir Kreatif (Study Kasus Pembelajaran Fisika Materi Perpindahan Kalor Krlas Vii Semester Genap Di Mts Ma'arif Garung Kabupaten Wonosobo

LESTARI - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui bagaimanakah pelaksanaan model pembelajaran REACT di kelas VII MTs Ma’arif Garung. Untuk mengetahui bagaimanakah hasil belajar kognitif dan kemampuan berfikir kreatif siswa kelas VII MTs Ma’arif Garung. Untuk mengetahui apakah model pembelajaran REACT dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dan kemampuan berpikir kreatif siswa di MTs Ma’arif Garung pada materi perpindahan kalor kelas VII tahun ajaran 2015/2016).
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan menggunakan pretest, perlakuan dan postest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTs Ma’arif Garung kelas VII tahun akademik 2015/2016. Dari populasi tersebut di atas diambil dua kelas sehingga sampel penelitian yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 32 siswa dan kelas VII B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 31 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, metode angket, metode observasi, metode tes yaitu pretest dan postest. Hasil tes berupa nilai hasil belajar siswa dan hasil kemampuan berfikir kreatif berupa angket kemampuan berfikir kreatif siswa. Validitas instrumen tes menggunakan validitas isi, reliabilitas tes digunakan uji KR-20, derajat kesukaran butir soal, dan daya beda butir soal dan validitas instrumen angket digunakan validitas pakar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik deskriptif. Untuk menguji hipotesis ini digunakan analisi uji-t dan uji gain.
Hasil analisis penelitian menunjukkan ada perbedaan dan peningkatan hasil belajar kognitif dan kemampuan berfikir kreatif siswa dengan menggunakan pembelajaran menggunakan model REACT dengan pembelajaran konvensional. Pada pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan uji t satu pihak. Pada uji t-test, diperoleh harga thitung sebesar 3, 51 sedangkan harga ttabel dengan dk=n_1+n_2- 2 = 61 adalah 2, 00 dengan taraf kesalahan relatif 5%, sedangkan pada taraf kesalahan relatif 1% diperoleh ttabel adalah 2, 6589. Karena thitung lebih besar dari ttabel pada taraf kesalahan relatif 5% (3, 51 > 2, 00) dan 1% (3, 51 > 2, 6589), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan dan peningkatan hasil belajar kognitif dan kemampuan berfikir kreatif siswa dengan menggunakan pembelajaran menggunakan model REACT dengan metode konvensional. Pada uji gain, diperoleh nilai hasil belajar siswa eksperimen sebesar 0, 553 % sedangkan untuk kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen sebesar 0, 218 %.

Kata Kunci : REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating and Transferring), hasil belajar kognitif, kemampuan berfikir kreatif.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
FITK 3725 LES e
Penerbit
Wonosobo : FITK UNSIQ Wonosobo., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Model pembelajaran
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Lestari
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?