UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo

Universitas Sains Al-Quran Jawa Tengah di Wonosobo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembiasaan Qiyamullail (Kajian Q.S Al-Muzzammil Ayat 1-4)

Mujiati S, Sri - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ; Pertama, hikmah yang terkandung dalam pembiasaan qiya̅mullail, kedua, nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam ibadah qiya̅mullail. Ketiga, implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam kehidupan.
Dalam penulisan skripsi ini menggunakan pendekatan filosofis yaitu prosedur pemecahan masalah yang diselidiki secara rasional. Yang biasanya berangkat dari sebuah konsep maupun teori. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (library research), maka dalam mengumpulkan data penulis melakukan telaah pustaka yang berkaitan dengan penelitian. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode tahlili yaitu metode tafsir Al-Quran yang memaparkan segala aspek yang terkandung didalam yang ditafsirkan itu serta menerangkan makna-makna yang tercakup di dalamnya, sesuai dengan keahlian dan kecenderungan mufasir yang menafsirkan ayat-ayat tersebut.
Dalam Al Quran Surat Al Muzzammil ayat 20 telah diketahui bahwa Qiya̅mullail yang dilakukan pada tiap-tiap seperdua atau sepertiga terakhir dan dilakukan dengan ikhlas lagi khusyuk secara kontinu, akan menumbuhkan ketenangan dan ketentraman jiwa serta batin seseorang. Hal ini dikarenakan pengamal qiya̅mullail telah terbiasa mendekatkan diri dengan Alla̅h sehingga batinnya tenang. Hasil penelitian ini adalah bahwa, nilai-nilai yang terkandung dalam ibadah qiya̅mullail berhubungan dengan pendidikan karakter yang dapat diimplementasikan dalam kehidupan. Qiya̅mullail yang dilakukan di keheningan malam secara langsung memberikan efek positif pada ketenangan jiwa seseorang yang melaksanakannya. Sehingga pengamal qiya̅mullail senantiasa terhindar dari penyakit hati seperti ghibah, sum’ah, dan lain-lain. Nilai-nilai pendidikan dalam pembiasaan qiya̅mullail diantarnya : kesehatan fisik dan mental, ketenangan dan ketentraman jiwa, terhindar dari penyakit hati. Dan akan senantiasa mengikuti aturan-aturan agama. Karena kondisi seperti inilah yang akan berdampak pada keberhasilan pendidikan.

Kata Kunci: Nilai-nilai, Pendidikan, Pembiasaan, Qiya̅mullail


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
FITK 3726 MUJ n
Penerbit
Wonosobo : FITK UNSIQ Wonosobo., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pendidikan karakter
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
Sri Mujiati S
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?