Skripsi
Hakikat ilmu dan ulama serta peran belajar mengajar dalam pembentukan karakter peserta didik (pemikiran k.h. Hasyim asy'ari dalam membentuk peserta didik yang ideal)
Salah satu permasalahan pendidikan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah rendahnya kualitas pendidikan agama islam. Problematika dan indikator yang selama ini menjadi sukar diselesaikan adalah penerapan metode dalam proses pembelajaran. Ilmu pengetahuan yang dimiliki dan pengajar yang kurang berkompeten menyebabkan pembawaan proses belajar-mengajar menjadi kurang mempunyai kesan berkualitas. Berangkat dari masalah diatas maka pengkajian ulang pemikiran K.H. Hasyim Asy’ari menjadi tolak ukur peran belajar-mengajar yang menurut peneliti dapat membantu terciptanya pendidikan Islam yang berkualitas zaman ini.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian studi kepustakaan. Sumber data primer berasal dari buku utama yaitu Hadrratusy Syaikh Hasyim Asy’ari dan Moralitas Pendidikan Islam dan Pendidikan Khas Pesantren Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’alim dan sumber data Sekunder berasal dari makalah atau artikel, majalah, jurnal, web (internet), ataupun informasi lainnya yang berhubungan dengan judul penulisan. Teknik pengumpulan data ini dilakukan dengan tahapan studi dokumen dan penelusuran data online yang memiliki keterkaitan dengan pemikiran K.H. Hasyim Asy’ari. Untuk analisis datanya menggunakan analisis isi dan analisis wacana untuk menganalisis dan mengembangkan data-data yang telah dikumpulkan. Setelah data terkumpul maka data tersebut dianalisis untuk mendapatkan hasil yang konkret dan terpercaya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Ilmu pengetahuan yang dimiliki oleh seorang guru berpengaruh terhadap proses belajar-mengajar peserta didik dan pendidikan karakter peserta didik. (2) Dalam dunia pendidikan seorang pendidik merupakan teladan bagi peserta didiknya dalam setiap perilaku kehidupan. Oleh karena itu, pendidik harus memiliki karakter yang baik juga supaya dapat menjadi teladan yang baik bagi peserta didik dan masyarakat sekitarnya.
Kata kunci : Belajar-Mengajar, K.H.Hasyim Asy’ari
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain