Skripsi
Penggunaan Sudut Baca Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Dan Menulis Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Anak Kelas I Mi Ma'arif Kalibeber Tahun Pelajaran 2015/2016
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode penanaman sikap cinta membaca Al-Qur’an yang tepat untuk anak usia dini dengan kajian Qs Al-A’Raaf ayat 204, dengan metode deskriptif analisis terhadap data yang penulis peroleh dari kepustakaan. Untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan masalah yang diteliti, penulis merumuskan pertanyaan penelitian yang terperinci. Konsep yang dimaksud adalah rancangan idea atau pengertian yang diabstrakkan dari peristiwa konkret atau rancangan kasar dari sebuah tulisan. Sedangkan metode penanaman sikap cinta membaca Al-Qur’an pada anak usia dini adalah cara untuk menanamkan kecintaan anak terhadap Al-Qur’an sejak dini dengan memperhatikan periodesasi perkembangan anak.
Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan beberapa metode penilitian, baik untuk memperoleh data atau menganalisis data yang ada, yaitu library research, sumber data primer dan sumber data skunder, adapun dalam pengumpulan data dengan metode penafsiran dari beberapa ulama’ yang termasyhur dan dalam menganalisis data penulis menggunakan metode induktif dan analisis isi (content analysis)
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode penanaman sikap cinta membaca AlQur’an pada anak usia dini dapat dimulai dari beradap terhadap Al-Qur’an se[perti yang terkandumg dalam Qs Al-A’Raaf 204, tujuannya agar anak mengagungkan Al-Qur’an sebagai kalam Allah yang Agung.
Kata Kunci: Cinta membaca Al-Qur’a, Anak Usia Dini, Qs.Al-A’Raaf 204
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain