Skripsi
Studi komparasi religiusitas peserta didik bagi siswa prestasi belajar pendidikan Agama Islam kelas viii SMP Negeri 1 Mojotengah Wonosobo tahun ajaran 2015/2016
Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa seharusnya peserta didik yang memiliki prestasi belajar PAI tinggi memiliki tingkat religiusitas yang berbeda atau lebih tinggi bila dibandingkan dengan peserta didik yang memiliki prestasi belajar PAI rendah. namun kenyataannya ada peserta didik yang memiliki prestasi belajar PAI tinggi, tapi menunjukkan sikap keberagamaan yang kurang. OlehkarenaituperludiadakanpenelititentangperbedaantingkatreligiustasditinjaudaritinggirendahnyaprestasibelajarPendidikan Agama Islam. Yang menjadipermasalahandalampenelitianiniadalah: bagaimanakahreligiusitaspesertadidik yang memilikitingkatprestasibelajarPendidikan Agama Islam tinggi, bagaimanakahreligiusitaspesertadidik yang memilikitingkatprestasibelajarPendidikan Agama Islam rendah, danmanakah yang lebihtinggitingkatreligiustasnyaantarapesertadidikdenganprestasibelajar PAI tinggidanpesertadidikdenganprestasibelajar PAI rendahkelas VIII SMP Negeri 1 MojotengahWonosobotahunajaran 2015/2016. Penelitianinibertujuanuntukmengungkapkanadatidaknyaperbedaantingkatreligiusitasantarapesertadidikdenganprestasibelajar PAI tinggidanpesertadidikdenganprestasibelajarrendahkelas VIII SMP Negeri 1 MojotengahWonosobotahunajaran 2015/2016.
Dalam penelitian ini, metode yang digunakan untuk pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data angket, interview, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan analisis kualitatif komparasi,dan dalam pengujian hipotesis peneliti menggunakan rumusuji-t duasampelindependen (uji t).
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Religiusitas peserta didik dengan prestasi belajar PAI tinggi kelas VIII SMP Negeri 1 Mojotengah Wonosobo tahun ajaran 2015/2016 pada kategori rendah 5,17%, kategori sedang 24,14%, kategori tinggi 51,72% dan kategori sangat tinggi 18,97%. Dengan rata-rata nilai 81,98. (2) Religiusitas peserta didik dengan prestasi belajar PAI rendah kelas VIII SMP Negeri 1 Mojotengah Wonosobo tahun ajaran 2015/2016 pada kategori rendah 17,24%, kategori sedang 51,72%, kategori tinggi 29,31% dan kategori sangat tinggi 1,72%. Dengan rata-rata nilai 76,55. (3) Tidakadaperbedaantingkatreligiusitasantarapesertadidikdenganprestasibelajar PAI tinggidanpesertadidikdenganprestasibelajar PAI rendahKategoritersebutdidapatkanbedasarkanpenghitungant=3,417. Dan padataraf 5% hasilt¬hitung¬lebihbesardarit¬tabel¬, yaitu 3,417 > 0,291. MakahaltersebutberartiH0diterimadanHaditolak.Hal iniberartibahwatinggirendahnyaprestasibelajar PAI kelas VIII SMP Negeri 1 MojotengahWonosobotahunajaran 2015/2016 tidakberpengaruhterhadapreligiusitaspesertadidik.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain