Skripsi
Pertisipasi Masyarakat Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Mts Ma'arif Nu Jatilawang Wanayasa Banjarnegara Tahun Pelajaran 2015/2016
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui hubungan antara masyarakat dengan warga sekolah di MTs Ma’arif NU Jatilawang. 2) Untuk mengetahui tantangan dan hambatan masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Ma’arif NU Jatilawang. 3) Untuk mengetahui upaya masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sedangkan teknik yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif analitik. Data yang berasal dari naskah, wawancara, catatan lapangan, dokumen dan sebagainya tersebut dideskripsikan sehingga dapat memberikan kejelasan terhadap kenyataan atau realitas.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa partisipasi masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Ma’arif NU Jatilawang sudah cukup baik namun kurang maksimal, dengan melibatkan seluruh stakeholder yaitu orang tua merupakan salah satu mitra sekolah yang dapat berperan serta dalam pembelajaran, perencanaan/ pengembangan maupun dalam pengelolaan kelas yang dapat meningkatkan suatu mutu pendidikan sekolah, lembaga masyarakat Meliputi peran serta perseorangan, kelompok, keluarga, organisasi profesi, pengusaha, dan organisasi kemasyarakatan dalam penyelenggaraan dan pengendalian mutu layanan pendidikan, dan komite sekolah yang bertugas membantu penyelenggaraan pendidikan di sekolah dalam kapasitasnya sebagai pemberi pertimbangan, pendukung program, pengontrol, dan bahkan mediator.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi, bagi komponen sekolah terutama bagi masyarakat di lembaga pendidikan, sehingga dapat dijadikan bahan informasi dan masukan untuk meningkatkan pengelolaan masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan.
Kata Kunci : Masyarakat, Peningkatan Mutu Pendidikan
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain