Skripsi
Konsep pendidikan karakter melalui pembelajaran tematik integratif dalam kurikulum 2013 kelas II di SD Al-Madina Wonosobo tahun pelajaran 2015/2016
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui konsep pembelajaran tematik integratif dalam kurikulum 2013 terhadap karakter peserta didik kelas II di Sd Al-Madina Wonosobo tahun pelajaran 2014/2015. (2) untuk mengetahui karakter peserta didik pada mata pelajaran tematik integratif kelas II di SD al-Madina Wonosobo tahun pelajaran 2014/2015.
Dalam Penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif untuk mendapatkan data penulis menggunakan penelitian lapangan (field reseach). Sumber data yang digunakan data-data yang ada di SD al-Madina Wonosobo. Untuk mendapatkan data yang diperlukan penulis menggunakan teknik dokumentasi, wawancara dan observasi, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif analisis. Subjek penelitian adalah guru kelas II dan objeknya adalah konsep pendidikan karakter melalui pembelajaran tematik integratif dalam kurikulum 2013.
Setelah dilakukan penelitian ditemukan bahwa konsep pendidikan karakter melalui pembelajaran tematik integratif ini peserta didik mampu secara mandiri meningkatkan dan menggunakan pengetahuannya dalam nilai-nilai karakter dan akhlak mulia sehingga terwujud dalam perilaku sehari-hari. Nilai-nilai karakter yang diperoleh peserta didik adalah religius, jujur, disiplin, dan menjaga lingkungan. Nilai karakter peserta didik pada pembelajaran tematik integratif dalam kurikulum 2013 melalui penilaian sikap sosial dan sikap spiritual selalu memuaskan terbukti dengan nilai yang selalu diatas KKM. SD al-Madina Wonosobo menggunakan buku ta’lim untuk menilai aktivitas peserta didik dirumah maupun disekolah meliputi aspek religius, aspek sosial dan aspek kemandirian.
Kata kunci: konsep pendidikan karakter, pembelajaran tematik integratif kurikulum 2013, SD al-Madina Wonosobo
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain