Skripsi
Studi Korelasi Antara Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Perilaku Sosial Siswa Smp Negeri 4 Wanayasa Kabupaten Banjarnegara Tahun Pelajaran 2014/2015
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui prestasi belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa SMP Negeri 4 Wanayasa kabupaten Banjarnegaratahun pelajaran 2014/2015. (2) Untuk mengetahui perilaku sosial pada siswa SMP Negeri 4 Wanayasa kabupaten Banjarnegaratahun pelajaran 2014/2015. (3) Untuk mengetahui korelasi antara prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dengan perilaku sosial pada siswa SMP Negeri 4 Wanayasa kabupaten Banjarnegaratahun pelajaran 2014/2015
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yaitu jenis data yang diukur secara langsung atau lebih tepatnya dapat dihitung dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, wawancara dan angket .
Hasil penelitian menunjukkan (1) Bahwa rata-rata variable prestasi belajar PAI diketahui sebesar 85,97.Hal ini berarti bahwa prestasi belajar PAI siswa SMP Negeri 4 Wanayasa kabupaten Banjarnegaratahun pelajaran 2014/2015 adalah Baik, yaitu pada interval 80-89. (2) Bahwa rata-rata variabel perilaku sosial pada siswa SMP Negeri 4 Wanayasa Banjarnegara tahun Pelajaran 2014/2015 adalah sebesar 60,24. Hal ini berarti bahwa kualitas perilaku sosial adalah Cukup, yaitu pada interval 59-62. (3) Bahwa dari analisis uji hipotesis diketahui bahwa ada hubungan yang signifikan antara prestasi belajar PAI dengan perilaku sosial siswa SMP Negeri 4 Wanayasa tahun pelajaran 2014/2015. Hal ini ditunjukkan dari nilai koefisien korelasi dengan moment tangkar dari Pearson, bahwa rxy = 0,580624 > rt = 0,05 (0,339) dan r2xy = 0,580624 > rt = 0,01 (0,436). Dengan rxy> rt (0,05 dan 0,01) berarti signifikan.
Kata Kunci : Prestasi Belajar, PAI, Perilaku Sosial
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain