Skripsi
Pengaruh Pendidikan Agama Islam Terhadap Sikap Sosial Peserta Didik Sma Negeri 1 Sapuran Tahun Pelajaran
Salah satu permasalahan pendidikan agama Islam di sekolah dinilai masih gagal dan belum memuaskan banyak pihak. Pendidikan agama Islam dinilai masih terkesan berorientasi pada pengajaran agama yang bersifat kognitif dan hafalan, kurang berorientasi pada aspek pengamalan ajaran agama. Diantara indikator yang sering dikemukakan, bahwa dalam kehidupan masyarakat, masih dijumpai banyak kasus tindakan masyarakat yang bertentangan dengan ajaran agama, seperti acuh tak acuh, individualis, dll.
Penulisan skripsi ini dengan judul pengaruh pendidikan agama Islam terhadap sikap sosial peserta didik SMA Negeri 1 sapuran tahun pelajaran 2014/2015, bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan agama Islam dari segi (materi, metode, dan evaluasi), mengetahui sikap sosial peserta didik dan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh pendidikan agama Islam terhadap sikap sosial. Untuk pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, interview, dan studi dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan analisis analisis statistik karena data yang digunakan adalah data-data kuantitatif yaitu berupa angka-angka dengan cara hasil angket tentang pendidikan agama Islam dan sikap sosial yang telah diisi responden akan dilakukan penskoran yang kemudian hasilnya disajikan dalam bentuk tabal frekuensi. Interpretasi data untuk menguji kebenaran hipotesis menggunakan perbandingan antara r dengan besarnya r yang tercantum dalam tabel. Hasil dari analisis dalam penulisan skripsi ini bahwa sikap sosial peserta didik dipengaruhi oleh pendidikan agama Islam sebesar 19% maka 81% lagi ditentukan oleh faktor lain, dengan nilai rata-rata variabel Y (Sikap Sosial) sebesar 77. Pengaruh antara variable X dan Y diperoleh angka r adalah 0,435. Pada taraf signifikan 5% = 0,312, pada taraf signifikan 1% = 0,403. maka disimpulkan r lebih besar dari rtabel (0,435>0,312 dan 0,403) dengan demikian hipotesis alternative (Ha) disetujui atau terbukti kebenarannya dan hipotesis nihil (H0) tidak dapat diterima atau tidak terbukti kebenarannya. Berarti memang benar antara variabel X (pendidikan agama islam) dan variabel Y (sikap sosial) terdapat pengaruh yang signifikan.
Kata Kunci: Pendidikan Agama Islam, Sikap Sosial
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain