Skripsi
Upaya peningkatan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam melalui strategi pembelajaran everyone is a teacher here pada siswa kelas VII MTs Ma'arif Sojokerto Leksono Wonosobo tahun pelajaran 2015/2016
Penelitian ini membahas Upaya Peningkatan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Strategi Pembelajaran Every One Is A Teacher Here Pada Siswa Kelas VII Mts Ma’arif Sojokerto Leksono Wonosobo Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan:1. Bagaimanakah minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. 2. Bagaimanakah upaya yang digunakan dalam meningkatkan minat belajar siswa.3. Sejauh manakah strategi pembelajaran every one is a teacher here pada Siswa Kelas VII di Mts Ma’arif Sojokerto Leksono Wonosobo Tahun Pelajaran 2015/2016.
Skripsi ini merupakan penelitian Tindakan Kelas yang mengambil objek penelitian kelas VII Mts Ma’arif Sojokerto Leksono Wonosobo Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan jumlah responden atau siswa 23 orang dengan rincian siswa laki-laki berjumlah 14 orang dan siswa perempuan berjumlah 9 orang. Sumber primer penelitian ini ialah pelaksanaan atau penerapan model pembelajaran melalui Strategi Pembelajaran Every One Is A Teacher Here
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari 4 (empat) tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi, perhatian,keaktifan, hasil belajar. Prestasi siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus.. Dalam pengumpulan data ini, penulis juga mengadakan wawancara, dokumentasi dan angket. Selain itu, juga dari dokumen dan literatur yang relevan.
Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah: perhatian, keaktifan, dan hasil belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Hasil penelitian yaitu mulai dari Pra siklus rata-rata perhatian siswa, dari 23 siswa yang merespon pembelajaran sebesar 26,09%, pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 56,52% dan meningkat menjadi 86,97% pada siklus II. Keaktifan, mengalami peningkatan dari 23 siswa, yang aktif sebesar 39,13% pada Prasiklus meningkat menjadi 48,91% pada siklus I dan 60,33% pada siklus II, prestasi belajar siswa. dari 23 siswa yang telah mencapai KKM sebesar 56,52% pada Prasiklus meningkat menjadi 78,28% pada siklus I dan 86,97% pada siklus II.
Kata Kunci : Minat Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam, Pembelajaran Every One Is A Teacher Here
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain