UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo

Universitas Sains Al-Quran Jawa Tengah di Wonosobo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

Penerapan pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA materi bunyi pada siswa kelas VIII MTs Cokroaminoto Wanadadi

Ludi Hartono - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep pembelajaran IPA dalam setting pembelajaran kooperatif TSTS pada kelas VIII MTs Cokroaminoto Wanadadi.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus dilaksanakan selama 3 kali pertemuan, dimana 2 kali pertemuan digunakan untuk proses belajar mengajar dan 1 kali pertemuan digunakan sebagai tes akhir. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu plan (perencanaan), act (pelaksanaan tindakan), observe (pengamatan), dan reflect(refleksi). Objek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA MTs. Cokroaminoto Wanadadi yang berjumlah 24 peserta didik yang terdiri dari 12 putra da 12 putri. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, Lembar Kegiatan Siswa (LKS), tes pemahaman konsep siklus I, tes pemahaman konsep siklus II, tes pemahaman konsep siklus III, catatan lapangan, serta wawancara dengan siswa dan guru.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran IPA dalam setting pembelajaran kooperatif tipe TSTS dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA pada siswa kelas VIIIA MTs Cokroaminoto Wanadadi. Penerapan pembelajaran ini disesuaikan dengan ciri-ciri pembelajaran TSTS yang memuat elemen-elemen berikut: (1) Saling ketergantungan positif, (2) Interaksi tatap muka, (3) Akuntabilitas individual, dan (4) Keterampilan menjalin.
Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya persentase rata-rata pemahaman konsep siswa dari siklus I sebesar 47,44% kategori sedang, siklus II menjadi sebesar 62,50% kategori sedang, dan pada siklus III sebesar 84,42% berdasarkan pedoman kualifikasi termasuk dalam kategori tinggi.

Kata kunci: Pemahaman konsep IPA, pembelajaran kooperatif tipe TSTS.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
FITK 3697 LUD p
Penerbit
Wonosobo : FITK UNSIQ Wonosobo., 2015
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pembelajaran kooperatif
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?