Skripsi
Pembelajaran tsunami dengan metode demonstrasi untuk meningkatkan prestasi belajar siswa
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: Apakah dengan pembelajaran Model Demonstrasi pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian dilakukan di SD N 6 Wonosobo, Wonosobo tahun ajaran 2014/2015 dengan jumlah populasi 84 siswa yang terbagi dalam 2 kelas. Sampel diambil secara purposis random sampling, sebagai sampel penelitian adalah kelas 5, yang terdiri 33 siswa dan kelas 6 yang terdiri 31 siswa. Hasil tes berupa nilai hasil belajar siswa, sedangkan teknik angket berupa skor angket gaya belajar siswa. Teknik uji hipotesis yang pertama menggunakan uji t dengan hasil t hitung > t tabel atau 2,35 > 2,00 artinya, nilai prestasi dalam pembelajaran model demonstrasi lebih besar dibandingkan dengan metode ceramah. Hipotesis yang kedua menggunakan uji gain dan didapatkan hasil bahwa prestasi belajar siswa yang menggunakan metode demonstrasi bernilai 0,4 yang artinya keberhasilan pembelajaran sedang.
Kata Kunci : Pembelajaran Tsunami, Demonstrasi, Prestasi Belajar.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain