Skripsi
Studi analisis tentang upaya guru dalam membentuk siswa berkarakter di MTs Ma'arif Kubang Wanayasa kabupaten Banjarnegara
Dasar-dasar kepribadian dan pola sikap anak yang diperoleh melalui perkembangan dan pertumbuhan. anak memasuki bangku pendidikan, selain melakukan hubungan atau pergaulan dengan orang tua di rumah, juga dengan teman dan gurunya di sekolah. Sedangkan corak hubungan yang terjadi antara murid dengan guru atau antar siswa akan banyak mempengaruhi aspek-aspek kepribadian termasuk nilai-nilai moral yang memang masih mengalami perubahan. Kepribadian yang dipancarkan oleh guru akan diyakini bahwa guru adalah tokoh-tokoh yang dikagumi dalam pembentukan karakter siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui kepribadian siswa Madarash Tsanawiyah (MTs) Ma’arif NU Desa Kubang Kecamatan Wanayasa Kabupaten Banjarnegara, Mengetahui upaya guru madarasah dalam membentuk kepribadian siswa yang berakhlak mulia, menguraikan kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dalam membentuk kepribadian siswa , Mengetahui solusi alternatif terhadap kendala yang dihadapi oleh guru dalam membentuk kepribadian siswa yang berakhlak mulia.
Penelitian ini menggunakan menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari skripsi ini adalah Implementasi Pendidikan Karakter dalam PAI di Mts Ma’arif Kubang dilaksanakan dengan dua cara, yakni: intrakulikuler dan ekstrakulikuler. Dalam implementasinya, Pendidikan Karakter dalam PAI tidak jauh berbeda dengan sebelum adanya pendidikan karakter. Perbedaannya dalam perencanaan pembelajaran ditambah dengan kolom pendidikan karakter.
Kata Kunci : Upaya , Guru , Karakter
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain