Skripsi
Pengaruh peran orang tua terhadap keaktifan belajar siswa kelas IX di Madrasah Aliyah Al-fatah Parakancanggah Banjarnegara tahun pelajaran 2014/2015
Orang tua menduduki peranan sangat penting baik dalam kehidupan keluarga secara umum dalam pembinaan anak-anaknya. Keluarga nyata dan teramat strategis dalam mengarahkan pada kehidupan Islam guna mencapai tujuan kebahagiaan dunia dan akhirat. Anak harus diberi kesempatan untuk menuntut ilmu pengetahuan, akan tetapi agama yang lebih penting, karena nantinya sebagai pedoman hidup didunia dan di akhirat. Di sini perlu ditegaskan bahwa tidak setiap anak mampu memotivasi diri dengan baik untuk aktif dalam kegiatan belajar mengajar di madrasah. Disinilah pentingnya orang tua mendampingi anak-anaknya, pada saat anak tersebut membutuhkan bimbingannya. Pendampingan, yang efektif untuk mengarahkan anak dengan jalan pendekatan persuasif. Nasihat yang bijak, sangat banyak artinya untuk mendorong anak agar lebih giat melakukan aktivitas belajar. Jadi erat kaitannya antara peran orang tua dengan proses pendidikan anak. Partisipasi orang tua dalam bentuk perhatian maupun memotivasi untuk aktif dalam belajar merupakan pendorong yang menggerakkan anak untuk bertindak dalam pencapaian suatu tujuan.
Persoalan yang akan dijawab dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh peran orang tua terhadap keaktifan belajar siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Al Fatah Parakancanggah Banjarnegara Tahun Pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dimana analisis yang digunakan adalah analisis statistik, guna mencari tingkat korelasi atau yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel. Penelitian kuantitatif mempunyai konsekuensi bahwa seorang peneliti harus bekerja dengan angka-angka sebagai perwujudan dari semua yang diamati. Sedangkan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket, observasi dan wawancara. Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik dengan menggunakan rumus product moment.
Berdasarkan analisis korelasi product moment menunjukan ada pengaruh antara peran orang tua terhadap keaktifan belajar siswa dengan tingkat korelasi sebesar 0,767. Hasil korelasi tersebut apabila dikonsultasikan dengan r tabel product moment pada taraf signifikasi 1% dengan N = 40 diperoleh nilai 0,403 dan signifikasi 5% dengan N = 40 diperoleh nilai 0,312, maka rhitung > rtabel artinya bahwa ada pengaruh antara peran orang tua terhadap keaktifan belajar siswa di MA Al Fatah Parakancanggah. Nilai koefisien korelasi antara variabel peran orang tua dengan keaktifan belajar siswa yang bernilai positif artinya bahwa kenaikan skor variabel x akan diikuti oleh peningkatan skor variabel y dan berlaku sebaliknya. Artinya semakin tinggi peran orang tua maka keaktifan belajar siswapun akan menjadi lebih baik. Dengan demikian maka hipotesis aktif yang diajukan dapat diterima.
Kata Kunci : Peran Orang Tua, Keaktifan Belajar.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain