Skripsi
Problematika peningkatan mutu pembelajaran pada mata pelajaran matematika di MI Guppi Gumawang Lor kecamatan Watumalang tahun pelajaran 2014/2015
Penulis memilih judul di atas dengan tujuan untuk mengetahui apa sajakah yang menjadi problem mutu belajar kurang memuaskan pada mata pelajaran Matematika dan juga untuk mengetahui bagaimanakah cara meningkatkan mutu belajar mata pelajaran Matematika di MI GUPPI Gumawang Lor tahun pelajaran
2014/2015.
Penulis memakai jenis deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang mengklasifikasikan data deskriptif berupa kata-kata tertulis, ucapan dari orang- orang dan perlaku yang diamati. Metode kualitatif sering digunakan untuk mengklasifikasikan grounded theory, yakni teori yang timbul dari data bukan dari hipotesis-hipotesis dalam metode kuantitatif.
Hasil penelitian ini adalah Problematika peningkatan mutu pembelajaran Matematika meliputi: penggunaan metode konvensional yang kurang bervariasi, Para siswa masih merasa malas, para siswa menganggap bahwa pelajaran matematika adalah pelajaran yang membosankan, soal matematika yang diberikan sulit untuk dikerjakan, kurang pemanfaatan media yang kurang lengkap. Factor- faktor yang menyebabkan mutu pembelajaran Matematika kurang bermutu meliputi 3 aspek yaitu: Faktor Siswa. factor minat dan motivasi anak didik yang kurang mendapat perhatian, anak didik kurang ada minat terhadap pembelajaran Matematika. Kurangnya guru memberikan motivasi untuk meningkatkan siswa dalam pembelajaran. Kurangnya metode pembelajaran yang berfariasi. Kurangnya pemberian reward terhadap kemajuan siswa terhadap hasil yang diperoleh. Faktor Sekolah. Kenyamanan ruang belajar atau gedung sekolah. Sarana dan prasarana belajar. Kurangnya media pembelajaran. Solusi pembelajaran Matematika agar bermutu meliputi. Pembelajaran. dalam pembelajaran dimodifikasi melalui metode pembelajaran yang berfariatif dengan menggunakan metode yang berfariatif. Sarana-prasarana sekolah. Dengan menggunakan sarana dan prasarana yang beragam dan media yang beraneka ragam sehingga dapat meningkatkan mutu belajar bisa meningkat. Peserta didik. Memberikan motivasi dan reward meskipun dari hal-hal kecil dapat meningkatkan mutu belajar siswa dapat bertambah baik.
Kata Kunci: prestasi belajar/ mutu belajar, Matematika
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain