Skripsi
Partisipasi aktif orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Cokroaminoto Banjarmangu tahun pelajaran 2015/2016
Penelitian ini bertujuan : untuk mengetahui gambaran partisipasi orang tua dalam memotivasi belajar untuk mengoptimalkan prestasi belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Lokasi penelitian adalah di SMP Cokroaminoto Banjarmangu tahun Pelajaran 2015/2016. Nara sumber dalam penelitian ini meliputi: Wali Murid siswa kelas VII, VIII, dan IX, Siswa Kelas VII, VIII, dan IX (yang dipilih), Komite Sekolah, dan Guru. Penentuan narasumber dipilih dengan memenuhi kreteria sebagai berikut; menguasai dan memahami obyek yang diteliti, bukan sekedar diketahui tetapi juga dihayati, masih atau sedang berkecimpung atau terlibat pada kegiatan dan mempunyai waktu yang memadai untuk dimintai informasi.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang terbatas pada usaha mengungkapkan suatu masalah keadaan dan peristiwa sebagaimana adanya sehingga bersifat mengungkapkan fakta. Hasil penelitian ini ditekankan pada usaha memberikan gambaran secara obyektif tentang keadaan sebenarnya dari obyek yang diteliti juga guna mendapatkan manfaat yang lebih luas dalam penelitian ini.
Analisis data menggunakan teori Hamidi yang terdiri proses penyajian data, induksi, interprestasi, dan konseptualisasi dan penemuan konsep atau teori.
Hasil penelitian ini yaitu partisipasi orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa mencakup partisipasi secara langsung dan secara tak langsung. Peran secara langsung meliputi; Tindakan atau sikap pentingnya memotivasi siswa dalam menumbuhkan semangat belajar, pengawasan kepada anak ketika belajar di rumah, peranan sebagai motivator belajar anak supaya terus semangat belajar, fungsi kontrol orang tua dapat memotivasi belajar anak, dan partisipasi orang tua siswa khususnya dalam memberikan sumbangan kepada sekolah dilaksanakan dengan rutin atau sesuai aturan. Peran secara tak langsung meliputi; Penggunaan Waktu Secara Efektif Dalam Belajar, usaha untuk memotivasi terus; Kesadaran orang tua untuk mendorong belajar siswa; Penghargaan (Reward) Bagi Siswa yang Berprestasi Dalam Belajar. Bagi siswa dapat dikatakan telah menunjukkan motivasi belajar yang tinggi, ditunjukkan dengan; Usaha giat belajar, Pemanfaatan waktu yang efektif, Adanya dukungan baik prasarana atau sarana sesuai dengan kebutuhan anak, Mempunyai jadwal pelajaran atau kegiatan dirumah, Mampu mengatasi masalah atau kesulitan belajar di sekolah secara mandiri. Partisipasi aktif orang tua dalam memotivasi belajar anak merupakan peranserta atau keikutsertaan yang sebenarnya sangat spesifik atau memiliki kekhasan, Pengawasan terhadap anak atau belajar adalah hal utama dalam partisipasi dalam meningkatkan motivasi belajar, Memotivasi belajar anak hakekatnya adalah perbuatan yang sistematis dan berkesinambungan oleh orang tua.
Kata kunci: guru, siswa, orang tua, komite sekolah saling berperanaktif
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain