UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo

Universitas Sains Al-Quran Jawa Tengah di Wonosobo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

Konsep demokrasi pendidikan perspektif islam

Ahmad Atal Aidi - Nama Orang;

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa berangkat dari hak seluruh manusia untuk mendapatkan pendidikan yang sama dimata undang-undang sebagai penjamin kehidupan berbangsa dan bernegara. Meski demokrasi pendidikan mengalami banyak penafsiran, namun kehadiran demokrasi pendidikan perlu dilirik dari segi Pendidikan Islam, sehingga umat Islam tidak kehilangan ruh dalam menyelami segala keilmuan yang ada.
Adapun permasalahannya yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana bagaimana konsep demokrasi pendidikan dalam prespektif Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis demokrasi pendidikan dalam prespektif Islam yang terjadi di Indonesia. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan dalam pengembangan hazanah penelitian kelimuan dalam bidang pendidikan khususnya pendidikan Islam.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptive,. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan konsep Library research, yaitu penelitian yang pengumpulan datanya dilakukan dengan menghimpun data-data dari berbagai literature yang sudah ada, yang didasarkan pada data primer dan data sekunder. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan filosofis dan pragmatis. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi (content analysis).
Hasil penelitian menunjukkan: 1) demokrasi pendidikan adalah pandangan hidup yang mengutamakan persamaan hak dan kewajiban serta perlakuan yang sama di dalam berlangsungnya proses pendidikan antara pendidik dan anak didik, serta juga dengan pengeola pendidikan. 2) prinsip demokrasi perlu dilihat secara keseluruhan, bukan hanya secara parsial prinsip-prinsip demokrasi tersebut adalah, Kebebasan, Penghormatan terhadapa manusia, Persamaan, Pembagian kekuasaan. 3) Dalam konsep demokrasi pendidikan proses aplikasi ke ranah realitas mengupayakan dalam berbagai aspek, antara lain: Aspek Metode, Aspek Guru, Aspek Siswa, Aspek Materi Pengajaran Atau Kurikulum, Aspek Evaluasi
Kata kunci: Pendidikan,Demokrasi Pendidikan Pendidikan Islam


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
FITK 3679 AHM k
Penerbit
Wonosobo : FITK UNSIQ Wonosobo., 2015
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Demokrasi
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?