Skripsi
Pengembanga pendidikan karakter kedisiplinan shalat pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sigaluh kabupaten Banjanegara tahun pelajaran 2015/2016
Prinsip-prinsip yang mendasari pembembangan pendidikan karakter melalui pada siswa di SMP Negeri 1 Sigaluh, Banjarengara adalah membantu siswa dalam memecahkan masalah dengan pendekatan religius sehingga pendidikan karakter diarahkan untuk membentuk pribadi yang efektif, sehingga dapat secara konsisten merasa bahagia, bebas dari rasa bersalah, hidup lebih konstruktif, dapat menerima diri sendiri, dan juga diterima oleh masyarakat. Pengembangan pendidikan karakter disandarkan pada prinsip-prinsip rukun iman untuk menuju pada kesuksesan pendidikan karakter yakni memiliki mission statement yang jelas yaitu dua kalimat syahadat, memiliki sebuah metode pembangunan karakter sekaligus simbol kehidupan yaitu shalat lima waktu, dan memiliki kemampuan pengendalian diri yang dilatih dan disimbolkan dengan puasa. Sehingga sasaran utama pengebangan pendidikan karakter ditujukan kepada individu dalam rangka mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat sejalan dengan ajaran Islam. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan pendidikan karakter kedisiplinan shalat pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sigaluh Kabupaten Banjarnegaratahun Pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yakni disajian dalam bentuk narasai dan hanya melakukan penafsiran seperlunya. Sedangkan metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif deskriptif dengan model analisis interaktif. Selama proses pengumpulan berlangsung, peneliti bergerak diantara tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Tiga komponen analisa interaktif tersebut yaitu reduksi, sajian data dan penarikan kesimpulan aktivitasnya berbentuk interaksi dengan pengumpulan data.
Pengembanagan pendidikan karakter pada siswa di SMP Negeri 1 Sigaluh meliputi sebagai berikut: melalui manajemen sekolah, sekolah membuat program yang diarahkan untuk menanamkan nilai religius pada siswa dengan melibatkan semua unsur di sekolah. Melalui pembelajaran, upaya penanaman nilai karakter religius dalam pembelajaran yang diarahkan pada penanaman keimanan, ketakwaan, akhlak, moral, norma, budi pekerti, kejujuran, keadilan dan rasa empati. Melalui ekstra kurikuler, kegiatan ekstra kurikuler merupakan wadah yang disediakan oleh sekolah untuk meningkatkan pemahaman ilmu agama, membentuk kepribadian nilai-nilai luhur dan nilai karakater. Hasil pendidikan karakter pada siswa di SMP Negeri 1 Sigaluh meliputi sebagai berikut, tertanamnya karakter religius, memiliki kejujuran, memiliki ketakwaan dan akhlak mulia, berjiwa penolong, bebudi pekerti luhur dan taat dalam beribadah.
Kata kunci : Pengembangan Pendidikan Karakter.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain