Skripsi
Penerapan scientific approuch untuk peningkatan prestai belajar siswa kelas IV A tema "cita-cita ku" di MI Ma'arif Suren Gede Kertek kabupaten Wonosobo tahun pelajaran 2014/2015
Tujuan dilaksanakannya penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan scientific approach pada siswa dan untuk mengukur apakah scientific approach dapat meningkatkan prestasi belajar siswa atau peserta didik di MI Ma’arif Suren Gede Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo tahun pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah materi pelajaran tema 7 subtema 2 cita-citaku, dan penulis menjadikan siswa kelas IV A sebagai sumber primer dalam penelitian ini. Metode yang digunakan dalam pengambilan data yaitu, observasi, wawancara, angket dan soal pretes/postes. Sedangkan untuk analisis datanya yaitu dengan analisis kuantitatif deskriptif. Berdasarkan analisis data yang diketahui bahwa penerapan scientific approach mempengaruhi prestasi belajar siswa terlihat dari hasil belajar yang sudah dilaksanakan.
Hasil belajar siswa meningkat setelah diterapkannya scientific approach, terbukti dengan uji analisis menggunakan uji T-tes dengan hasil T hitung lebih besar dari T tabel yaitu T hitung 14,19 dan T tabel 2,040 atau 2,750. Dari hasil uji analisis ini menunjukkan bahawa penerapan scientific approach dapat meningkatkan prestasi siswa.
Kata kunci : Scientific approach, prestasi belajar
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain