Skripsi
Pengaruh motivasi ektrinsik terhadap minat belajar siswa kelas IX MTs Negeri Wonosobo tahun pelajarn 2014/2015
              Tujuan penelitian menunjukkan adanya suatu hal yang harus dicapai atau diperoleh setelah penelitian tersebut selesai dilaksanakan. Dan tujuan dari penelitian ini yaitu, Untuk mengetahui pengaruh motivasi ekstrinsik terhadap minat belajar siswa kelas VIII MTs N Wonosobo Tahun Pelajaran 2014/2015. Serta mempunyai manfaat penelitian sebagai kajian keilmuan untuk dijadikan bahan masukan dalam meningkatkan minat siswa dengan memberikan motivasi ekstrinsik dalam mengikuti proses pembelajaran.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan Kuantitatif Korelasi, yaitu jenis data yang diukur secara langsung atau lebih tepatnya dapat dihitung yang menghubungkan variabel satu dengan yang lain. Untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan, penulis menggunakan beberapa metode, diantaranya observasi, interview, dokumentasi, angket atau kuesioner. Pertimbangan besarnya sampel serta kemampuan peneliti, dalam penelitian ini ditetapkan besarnya sampel 15% dari jumlah populasi atau 15% x 301 =  45 siswa. Dalam penelitian ini penulis mengambil populasi peserta didik kelas VIII yang diambil sampel sebanyak 45 siswa, yang diambil secara acak atau menggunakan teknik random sampling.
Hasil penelitian bahwa adanya korelasi antara motivasi ekstrinsik terhadap minat belajar siswa kelas VIII Mts N Wonosobo tahun 2014/2015dengan ditunjukkan hasil uji korelasi moment tangkar dari pearson diketahui bahwa rxy = 0,4 > rt  = 0,294 (5%) dan rxy = 0,4 > rt = 0,380 (1%). Dengan rxy > rt (0,05 dan 0,01), berarti signifikan dan hipotesis yang menyatakan ada korelasi yang signifikan antara motivasi ekstrinsik terhadap minat belajar siswa kelas VIII Mts N Wonosobo tahun pelajaran 2014/2015 diterima.
Dan hasil mean atau rata-rata dari variabel motivasi ekstrinsik siswa kelas VIII Mts N Wonosobo adalah sebesar 65,3. Hal ini berarti bahwa proses pembelajaran fiqih di Mts N Wonosobo adalah CUKUP, yaitu pada interval 61-66. Mean atau rata-rata dari variabel minat belajar siswa kelas VIII Mts N Wonosobo adalah sebesar 58,9. Hal ini berarti bahwa proses pembelajaran fiqih di Mts N Wonosobo adalah CUKUP, yaitu pada interval 51-60.
Kata Kunci : Motivasi Ekstrinsik, Minat belajar
 
            
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain