Skripsi
Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Al-Qur'an Hadits Di Mts Ma'arif Al-Irsyad Gunungjati Pagedongan Banjarnegara Tahun Pelajaran 2014/2015
Pembelajaran Al Qur’an Hadits merupakan bagian dari bidang pembelajaran agama Islam, baik di madarasah maupun di sekolah. Akan tetapi pendidikan agama Islam di Indonesia dewasa ini mendapat sorotan tajam dari masyarakat. Sebagian pengamat pendidikan berpendapat bahwa krisis ekonomi dan politik yang melanda masyarakat Indonesia secara berkepanjangan disebabkan terutama oleh krisis moral yang menandakan bahwa pendidikan agama Islam telah gagal membina masyarakat, melihat hal tersebut guru memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pendidikan Agama Islam. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya dalam menigkatkan kualitas pembelajara Al Qur’an Hadits di MTs Ma’arif Al Irsyad Gunungjati tahun pelajaran 2014/2015.
Dalam penelitian ini metode yang penulis gunakan dalam teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara (interview), dokumentasi. Dengan metode ini diharapkan dapat memperolah data-data yang kongkrit yang sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian yang dilaksanakan di MTs Ma’arif Al Irsyad Gunungjati. Setelah data terkumpul kemudian dianalisa melalui metode deskriptif untuk data yang kualitatif.
Dari hasil penelitian yang penulis lakukan akhirnya menghasilkan sesuatu kesimpulan sebagai berikut: Pertama, Upaya guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Al Qur’an Hadits melalui pengelolaan tempat belajar, pengelolaan sumber belajar, pengelolaan Perangkat pembelajaran, pengelolaan Peserta Didik. Kedua, Kendala yang dihadapi guru dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran Al Qur’an Hadits adalah faktor intern siswa, masih kurangya sarana fisik, perbedaan latar belakang siswa, dan kurangnya minat siswa, Serta kurangnya persiapan guru Ketiga, Solusi dalam mengatasi kendala guru dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran Al Qur’an Hadits menyusun kurikulum pembelajaran, menerapkan pendekatan CTL, menyusun RPP, meningkatkan sumber daya manusia, penambahan alokasi waktu, dan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan
Kata Kunci: Upaya Guru, Kulitas Pembelajaran, Al Qur’an Hadits
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain