UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo

Universitas Sains Al-Quran Jawa Tengah di Wonosobo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Al-Qur'an Hadits Di Mts Ma'arif Al-Irsyad Gunungjati Pagedongan Banjarnegara Tahun Pelajaran 2014/2015

Wahyu Faizah - Nama Orang;

Pembelajaran Al Qur’an Hadits merupakan bagian dari bidang pembelajaran agama Islam, baik di madarasah maupun di sekolah. Akan tetapi pendidikan agama Islam di Indonesia dewasa ini mendapat sorotan tajam dari masyarakat. Sebagian pengamat pendidikan berpendapat bahwa krisis ekonomi dan politik yang melanda masyarakat Indonesia secara berkepanjangan disebabkan terutama oleh krisis moral yang menandakan bahwa pendidikan agama Islam telah gagal membina masyarakat, melihat hal tersebut guru memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pendidikan Agama Islam. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya dalam menigkatkan kualitas pembelajara Al Qur’an Hadits di MTs Ma’arif Al Irsyad Gunungjati tahun pelajaran 2014/2015.
Dalam penelitian ini metode yang penulis gunakan dalam teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara (interview), dokumentasi. Dengan metode ini diharapkan dapat memperolah data-data yang kongkrit yang sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian yang dilaksanakan di MTs Ma’arif Al Irsyad Gunungjati. Setelah data terkumpul kemudian dianalisa melalui metode deskriptif untuk data yang kualitatif.
Dari hasil penelitian yang penulis lakukan akhirnya menghasilkan sesuatu kesimpulan sebagai berikut: Pertama, Upaya guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Al Qur’an Hadits melalui pengelolaan tempat belajar, pengelolaan sumber belajar, pengelolaan Perangkat pembelajaran, pengelolaan Peserta Didik. Kedua, Kendala yang dihadapi guru dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran Al Qur’an Hadits adalah faktor intern siswa, masih kurangya sarana fisik, perbedaan latar belakang siswa, dan kurangnya minat siswa, Serta kurangnya persiapan guru Ketiga, Solusi dalam mengatasi kendala guru dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran Al Qur’an Hadits menyusun kurikulum pembelajaran, menerapkan pendekatan CTL, menyusun RPP, meningkatkan sumber daya manusia, penambahan alokasi waktu, dan kegiatan ekstrakurikuler keagamaan

Kata Kunci: Upaya Guru, Kulitas Pembelajaran, Al Qur’an Hadits
 


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
FITK 3667 WAH u
Penerbit
Wonosobo : FITK UNSIQ Wonosobo., 2015
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
pembelajaran al-qur\'an
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?