Skripsi
Penerapan pembelajaran PBL (problem based learning) untuk meningkatkan sikap ilmiah dan prestasi belajar fisika materi suhu dan kalor siswa kelas X SMA Negeri 1 Sapuran tahun ajaran 2014/2015
Penelitian ini menggunakan metode eksperiment. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA N 1 Sapuran tahun Ajaran 2014/2015. Dari jumlah populasi yang ada diambil dua sampel yaitu kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 4 sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 24 siswa dan 25 saiwa. Tekhnik pengambilan data menggunakan metode dokumentasi, tes, dan metode angket. Metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui keadaan awal siswa berupa nilai ulangan harian dan nilai tes untuk mengetahui prestasi belajar siswa berupa nilai pre test dan postest. Tekhnik angket digunakan untuk mengetahui seberapa besar sikap ilmiah siswa. Data yang didapat kemudian di uji normalitasnya dan di uji homogenitasnya. Tekhnik analisis hipotesis menggunakn uji t dan uji gain. Adapun tekhnik analisis datanya menggunakan uji t dan uji gain.
Dari hasil analisis kemampuan awal siswa diketahui bahwa data prestasi belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen mempuyai data yang normal dan homogen. Selanjutnya dilakukan uji t yang menunjukkan bahwa X_hitung=0,95
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain