Skripsi
Aktualisasi ajaran agama islam siswa muslim di SMP Kristen Wonosobo tahun pelajaran 2015/2016 (studi kasus di SMP Kristen Wonosobo)
Dewasa ini banyak orang tua muslim yang menyekolahkan anaknya di lembaga pendidikan non muslim, sehingga anak tidak mendapatkan pelajaran sesuai dengan keyakinan agama yang dianutnya, hal ini sangat memprihatinkan karena pendidikan agama islam adalah pembelajaran bagi seorang anak muslim dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bersifat pembiasaan sesuai dengan ajaran agama yang dianutnya untuk menumbuhkan keimanan dan ketaqwaan anak kepada Allah SWT. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana keimanan siswa muslim yang bersekolah di sekolah non-muslim? 2) Faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi terjaganya keimanan siswa muslim di Lembaga Pendidikan Non Muslim? 3) Bagaimanakah pola pembinaan keagamaan siswa muslim di Lembaga pendidikan Non Muslim?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualiatatif dengan rancangan peneltitian studi kasus, sesuai dengan pendekatan ini kehadiran peneliti yang sangat penting, karena peneliti adalah instrument kunci untuk makna yang ada, sumber data utama dalam penelitian dalam penelitian ini adalah kata-kata dan tindakan yang diperoleh melalui wawancara observasi, quesioner, dan dokumentasi. Analisis yang data dilakukan dengan cara menelaah seluruh data yang sudah ada, mereduksi data, menyusun data dalam satuan-satuan, dan mengkategorikan data.
Dalam penelitian ini dihasilkan temuan: 1) Secara umum siswa muslim yang bersekolah di SMP Kristen Wonosobo dalam penelitian ini menunjukkan masih berpegang pada iman islam 2) Harus ada upaya untuk dapat menjaga iman islam bagi siswa muslim di sekolah non muslim 3). Lingkungan keluarga dan masyarakat adalah lingkungan yang paling utama dalam pembiasaan dan pembelajaran agama islam bagi siswa muslim yang menimba ilmu di sekolah non muslim.
Kata kunci: Aktualisasi, Ajaran Agama Islam
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain