Skripsi
Implementasi pembelajaran motorik halus dan motorik kasar siswa BA 'aisyiyah I Sipedang Banjarmangu Banjarnegara
Berdasarkan hasil refleksi diri dengan teman sejawat kemampuan motorik halus dan motorik kasar, siswa BA ‘Aisyiyah Sipedang masih rendah. Subjek penelitian 26 anak didik, terdiri dari 16 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Rumusan masalah penelitian ini: Bagaimana bentuk pembelajaran di BA ‘Aisyiyah I Sipedang? Bagaimana implementasi pembelajaran motorik halus dan motorik kasar di BA ‘Aisyiyah I Sipedang?. Apakah melalui implementasi pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan motorik halus dan motorik kasar siswa BA ‘Aisyiyah I Sipedang?”.
Data yang dikumpulkan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kuantitatif berupa hasil pembelajaran berbentuk nilai tugas-tugas individu. Data kualitatif berupa rekaman proses pembelajaran dan aktifitas siswa. Teknik analisis data dengan menggunakan metode deskriptif komparatif, yaitu membandingkan pembelajaran sebelumnya dan antar siklus. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil pada kondisi awal kemampuan motorik halus 12%, motorik kasar 15%. Pada siklus I: kemampuan motorik halus meningkat menjadi 50% dan motorik kasar menjadi 61,5%. Siklus II, motorik halus meningkat menjadi 96% sedangkan kemampuan motorik kasar menjadi 96%, sehingga penelitian diakhiri pada siklus II.
Hasil penelitian, pelaksanaan pembelajaran di BA ‘Aisyiyah Sipedang berpedoman pada RKH yang telah disusun secara matang dan sesuai dengan kaidah yang berlaku. Implementasi pembelajaran motorik halus dan motorik kasar dilaksanakan dengan menerapkan model pembelajaran bermain sambil belajar dan menekankan keaktifan siswa. Dengan implementasi pembelajaran yang efektif dan efisien dapat meningkatkan kemampuan motorik halus dan motorik kasar siswa BA ‘Aisyiyah I Sipedang, Kecamatan Banjarmangu, Banjarnegara.
Manfaat hasil penelitian, (1) dapat dijadikan rujukan bagi para guru untuk melaksanakan tugas mulia, (2) masukan konstruktif para Stake holder untuk menentukan kebijakan dalam dunia pendidikan, (3) sumber pemetaan program pendidikan secara umum.
Kata kunci: implementasi, motorik halus, motorik kasar.
.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain