UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo

Universitas Sains Al-Quran Jawa Tengah di Wonosobo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

Implementasi pembelajaran motorik halus dan motorik kasar siswa BA 'aisyiyah I Sipedang Banjarmangu Banjarnegara

Sulistiyah - Nama Orang;

Berdasarkan hasil refleksi diri dengan teman sejawat kemampuan motorik halus dan motorik kasar, siswa BA ‘Aisyiyah Sipedang masih rendah. Subjek penelitian 26 anak didik, terdiri dari 16 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Rumusan masalah penelitian ini: Bagaimana bentuk pembelajaran di BA ‘Aisyiyah I Sipedang? Bagaimana implementasi pembelajaran motorik halus dan motorik kasar di BA ‘Aisyiyah I Sipedang?. Apakah melalui implementasi pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan motorik halus dan motorik kasar siswa BA ‘Aisyiyah I Sipedang?”.
Data yang dikumpulkan adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kuantitatif berupa hasil pembelajaran berbentuk nilai tugas-tugas individu. Data kualitatif berupa rekaman proses pembelajaran dan aktifitas siswa. Teknik analisis data dengan menggunakan metode deskriptif komparatif, yaitu membandingkan pembelajaran sebelumnya dan antar siklus. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil pada kondisi awal kemampuan motorik halus 12%, motorik kasar 15%. Pada siklus I: kemampuan motorik halus meningkat menjadi 50% dan motorik kasar menjadi 61,5%. Siklus II, motorik halus meningkat menjadi 96% sedangkan kemampuan motorik kasar menjadi 96%, sehingga penelitian diakhiri pada siklus II.
Hasil penelitian, pelaksanaan pembelajaran di BA ‘Aisyiyah Sipedang berpedoman pada RKH yang telah disusun secara matang dan sesuai dengan kaidah yang berlaku. Implementasi pembelajaran motorik halus dan motorik kasar dilaksanakan dengan menerapkan model pembelajaran bermain sambil belajar dan menekankan keaktifan siswa. Dengan implementasi pembelajaran yang efektif dan efisien dapat meningkatkan kemampuan motorik halus dan motorik kasar siswa BA ‘Aisyiyah I Sipedang, Kecamatan Banjarmangu, Banjarnegara.
Manfaat hasil penelitian, (1) dapat dijadikan rujukan bagi para guru untuk melaksanakan tugas mulia, (2) masukan konstruktif para Stake holder untuk menentukan kebijakan dalam dunia pendidikan, (3) sumber pemetaan program pendidikan secara umum.

Kata kunci: implementasi, motorik halus, motorik kasar.
.




Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
FITK 3648 SUL i
Penerbit
Wonosobo : FITK UNSIQ Wonosobo., 2015
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Pembelajaran motorik
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?