Skripsi
Pengaruh keaktifan anak dalam mengikuti kegiatan belajar di kelas terhadap prestasi belajar anak MI Ma'arif Larangan tahun pelajaran 2014/2015
Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan anak dalam mengikuti kegiatan belajar di kelas terhadap prestasi belajar anak MI Ma’arif Larangan tahun pelajaran 2014/2015.
Penelitian dilakukan di MI Ma’arif Larangan Kecamatan Garung dan sebagai sampel yaitu siswa Kelas I- kelas 6. Sempel yang diteliti sebanyak 36 siswa. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi yang dilakukan saat kegiatan belajar mengajar dan wawancara dengan guru kelas, untuk mengetahui siswa yang aktif dan yang kurang aktif. Selain observasi peneliti juga menggunakan metode angket,sebelum angket dibagikan siswa dibagi menjadi 2 kelompok yaitu siswa yang aktif dan yang kurang aktif. Selain itu peneliti juga melihat nilai raport . Setelah pengumpulan data kemudian dilakukan analisa dan uji keberartian. Selanjutnya data diolah berdasarkan nilai angket dan hasil ulangan akhir semester1 Mi Ma’arif larangan tahun pelajaran 2014/2015.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1. Keaktifan siswa MI Ma’arif Larangan Garung dalam mengikuti kegiatan belajar di kelas tahun pelajaran 2014-2015 cukup baik dan beragam. 2. Prestasi belajar siswa MI Ma’arif Larangan Garung tahun pelajaran 2014-2015 baik dan bertingkat.3. Keaktifan anak dalam mengikuti kegiatan belajar di kelas berpengaruh terhadap prestasi belajar anak MI Ma’arif Larangan tahun pelajaran 2014-2015.Dimana dalam penggunaan rumus regresi linier sederhana di atas dapat diperoleh kesimpulan bahwa tingkat keaktifan anak bertambah 1 maka prestasi belajarnya bertambah 22,94%.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa yang aktif mengalami peningkatan. Dengan demikian keaktifan anak dalam mengikuti kegiatan belajar di kelas berpengaruh terhadap prestasi belajar anak MI Ma’arif Larangan Tahun pelajaran 2014-2015.
Kata Kunci :Keaktifan dan Prestasi Belajar
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain