Skripsi
Pengaruh pendidikan agama islam terhadap sopan santun siswa di SMP Negeri 1 Karangkobar tahun pelajaran 2014/2015
Pendidikan Agama Islam sebagai sebuah materi pelajaran yang terstruktur (sebagai ilmu pengetahuan), disatu sisi memiliki kedudukan yang sama dengan ilmu pengetahuan yang lain, akan tetapi disisi lain sebagai sebuah doktrin agama, dan Pendidikan Agama Islam tidak terbatas hanya mengandalkan kemampuan intelektual anak dalam mencari materi pelajaran, akan tetapi juga menyangkut masalah perasaan dan lebih menitik beratkan pada pembentukan akhlak, baik terhadap khalik (Allah), sesama manusia maupun terhadap alam sekitar. Pendidikan agama Islam merupakan pondasi yang sangat mendasar dan mempunyai peranan yang sangat penting bagi hidup dan kehidupan bangsa Indonesia khususnya bagi ummat Islam, ketika era globalisasi dan modernisasi masuk tak terbendung. Melalui Pendidikan Agama Islam diharapkan dapat meningkatkan imtaq siswa dan sekaligus agar mereka dapat merealisasikan dalam sikap sopan santun dan prilaku hidupnya.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui pelaksanaan Pendidikan Agama Islam siswa SMP Negeri 1 Karangkobar tahun pelajaran 2014/2015, untuk mengetahui sopan santun siswa SMP Negeri 1 Karangkobar tahun pelajaran 2014/2015, dan untuk mengetahui pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap sopan santun siswa SMP Negeri 1 Karangkobar tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Sedangkan analisis datanya menggunakan teknik analisis pendahuluan (mencari nilai rata-rata dari masing-masing variabel), analisis lanjut yaitu melalui perhitungan-perhitungan dengan menggunakan korelasi product moment, dan analisis lanjut yaitu untuk menginterpretasikan koefisien korelasi pada taraf signifikan 5% dan 1% dari rtabel.
Hasil dari analisis dalam penulisan skripsi ini adalah Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 1 Karangkobar tergolong dalam kategori baik, yang memperoleh nilai rata-rata (mean) sebesar 58,51. Sedangkan sopan santun siswa tergolong dalam kategori baik pula, yang memperoleh nilai rata-rata (mean) sebesar 66,90. Setelah diuji dengan menggunakan rumus regresi, bahwa hipotesis yang penulis ajukan, yaitu ada pengaruh Pendidikan Agama Islam terhadap sopan santun siswa SMP Negeri 1 Karangkobar, dapat diterima. Ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang menunjukan bahwa dari nilai regresi (Freg) sebesar 18,203. Sedangkan nilai Ftabel (0,05) sebesar 3,99 dan Ftabel(0,01) sebesar 7,04. Hal ini menunjukkan bahwa Freg >Ft baik dari taraf signifikansi 5% dan 1%.
Kata Kunci: Pengaruh, Pendidikan Agama Islam dan Sopan-santun.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain