Skripsi
Peran kegiatan "embun pagi" dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMP N 1 Selomerto tahun ajaran 2014/2015
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan embun pagi di SMP N 1 Selomerto.2) Untuk mengetahui peran kegiatan embun pagi dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMP N 1 Selomerto. 3) Untuk mengetahui kendala-kendala yang terdapat dalam kegiatan embun pagi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif.Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan metode berpikir deduktif, metode berpikir induktif, dan menggunakan metode reduksi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1. Kegiatan embun pagi dilaksanakan pada hari Kamis, dimulai pukul 07.15 s.d 08.00 wib. Kegiatan embun pagi meliputi shalat dhuha berjmaah dan dzikir asmaul husna. Kegiatan embun pagi bertujuan untuk membiasakan peserta didik melaksankan ibadah sunnah shalat dhuha dan berdzikir asmaul husna serta mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari.2. Kegiatan embun pagi memiliki peran dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMP N 1 Selomerto. Melalui shalat dhuha seseorang dapat mengatasi ketidakmampuannya diri dalam mengatasi stress. melalui shalat dhuha dan dzikir asmaul husna jiwa dan batin seseorang akan menjadi tenang dan tentram. Dan dapat membuat seseorang untuk berprinsip hanya karena Allah, sehingga apapun masalah yang dihadapi ia akan tetap tenang dalam menyelesaikan masalahnya. Dengan menigmplementasikan nilai-nilai asmaul husna dapat mengasah God Spot atau hati nurani yang dimiliki manusia. Karena pada dasarnyaGod Spotmanusia merupakan refleksi dari nama-nama Allah yaitu Asmaul Husna. Semakin asmaul husna tersebut diimplementasikan maka akan semakin tajam hati nurani seseorang. 3. Pelaksanaan kegiatan embun pagi memiliki kendala teknis dan non teknis. Kendala teknis meliputi kurangnya peralatan ibadah yang dimiliki sekolah, mushalla sekolah yang tidak dapat menampung seluruh siswa, cuaca, saluran air dan listrik padam. Adapun kendala non teknis dalam kegiatan embun pagi yaitu kurangnya pemahaman dan motivasi siswa tentang shalat dhuha, dzikir asmaul husna dan implementasinya.
Kata kunci: Kecerdasan Spiritual, Shalat Dhuha, Dzikir Asmaul Husna
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain