UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo

Universitas Sains Al-Quran Jawa Tengah di Wonosobo

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title
Penanda Bagikan

Skripsi

Efektivitas penggunaan asesmen portofolio terhadap sikap ilmiah dan prestasi belajar materi cahaya kelas VIII semester genap di MTs N Wonosobo tahun ajaran 2014/2015

Wahyuning Suwita - Nama Orang;


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui ada tidaknya perbedaan sikap ilmiah antara siswa yang menggunakan asesmen portofolio dengan yang tanpa asesmen portofolio, 2) mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar antara siswa yang menggunakan asesmen portofolio dengan yang tanpa asesmen portofolio, 3) seberapa besar peningkatan penggunaan asesmen portofolio terhadap sikap ilmiah siswa, 4) seberapa besar peningkatan penggunaan asesmen portofolio terhadap prestasi belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan model metode Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTs Negeri Wonosobo kelas VIII tahun ajaran 2014/2015. Berdasarkan populasi tersebut di atas diambil dua kelas, sehingga sampel penelitiannya yaitu kelas VIII E sebagai kelas kontrol dengan jumlah 36 siswa dan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 38 siswa. Sampel dipilih dengan teknik Purposive Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, angket, observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-test dan uji gain.
Berdasarkan analisis uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5% dihasilkan 1) ada perbedaan sikap ilmiah antara siswa yang menggunakan asesmen portofolio dengan yang tanpa asesmen portofolio (thitung: 2,104 > ttabel: 2,000), 2) ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang menggunakan asesmen portofolio dengan yang tanpa asesmen portofolio (thitung: 8,986 > ttabel: 2,000 pada bentuk tes pilihan ganda dan thitung: 6,661 > ttabel: 2,000 pada bentuk tes uraian). Hasil analisis uji gain diperoleh 3) ada peningkatan sikap ilmiah siswa yang menggunakan asesmen portofolio (perbedaan peningkatan kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 0,141), 4) ada peningkatan prestasi belajar siswa yang menggunakan asesmen portofolio (perbedaan peningkatan pada kelas eksperimen dan kontrol sebesar 0,414 untuk pilihan ganda dan 0,229 untuk bentuk tes uraian).


Kata Kunci : Asesmen Portofolio, Sikap Ilmiah, Prestasi Belajar


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
FITK 3628 WAH e
Penerbit
Wonosobo : FITK UNSIQ Wonosobo., 2015
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
Asesmen portofolio
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

UPT Perpustakaan UNSIQ Wonosobo
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?