Skripsi
Efektivitas penggunaan asesmen portofolio terhadap sikap ilmiah dan prestasi belajar materi cahaya kelas VIII semester genap di MTs N Wonosobo tahun ajaran 2014/2015
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui ada tidaknya perbedaan sikap ilmiah antara siswa yang menggunakan asesmen portofolio dengan yang tanpa asesmen portofolio, 2) mengetahui ada tidaknya perbedaan prestasi belajar antara siswa yang menggunakan asesmen portofolio dengan yang tanpa asesmen portofolio, 3) seberapa besar peningkatan penggunaan asesmen portofolio terhadap sikap ilmiah siswa, 4) seberapa besar peningkatan penggunaan asesmen portofolio terhadap prestasi belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan model metode Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTs Negeri Wonosobo kelas VIII tahun ajaran 2014/2015. Berdasarkan populasi tersebut di atas diambil dua kelas, sehingga sampel penelitiannya yaitu kelas VIII E sebagai kelas kontrol dengan jumlah 36 siswa dan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 38 siswa. Sampel dipilih dengan teknik Purposive Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, angket, observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-test dan uji gain.
Berdasarkan analisis uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikansi 5% dihasilkan 1) ada perbedaan sikap ilmiah antara siswa yang menggunakan asesmen portofolio dengan yang tanpa asesmen portofolio (thitung: 2,104 > ttabel: 2,000), 2) ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang menggunakan asesmen portofolio dengan yang tanpa asesmen portofolio (thitung: 8,986 > ttabel: 2,000 pada bentuk tes pilihan ganda dan thitung: 6,661 > ttabel: 2,000 pada bentuk tes uraian). Hasil analisis uji gain diperoleh 3) ada peningkatan sikap ilmiah siswa yang menggunakan asesmen portofolio (perbedaan peningkatan kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 0,141), 4) ada peningkatan prestasi belajar siswa yang menggunakan asesmen portofolio (perbedaan peningkatan pada kelas eksperimen dan kontrol sebesar 0,414 untuk pilihan ganda dan 0,229 untuk bentuk tes uraian).
Kata Kunci : Asesmen Portofolio, Sikap Ilmiah, Prestasi Belajar
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain