Skripsi
Pengaruh metode pembelajaran investigasi kelompok terhadap prestasi belajar pada materi getaran dan gelombang siswa kelas VIII di SMP N 3 Wonosobo tahun pelajaran 2014/2015
Pembelajaran IPA saat ini masih menggunakan sistem pembelajaran yang bersifat konvensional yaitu pembelajaran terpusat pada guru (teacher centered). Sistem pembelajaran tersebut juga diterapkan di SMP N 3 Wonosobo, hal itu akan dapat menyebabkan siswa menjadi pasif.
Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mengetahui prestasi belajar fisika manakah yang lebih baik antara siswa yang diajar melalui pendekatan investigasi kelompok dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan pendekatan konvensional, (2) mengetahui kemampuan siswa dalam mendiskusikan materi pada kelas yang diajar dengan pendekatan investigasi kelompok, (3)mengetahui adanya peningkatan prestasi belajar siswa jika diajar dengan metode pembejaran investigasi kelompok.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII D SMP N Wsb tahun ajaran 2014/2015. Dalam 1 kelas yang ada dilakukan pengambilan sampel secara sistematis. Penelitian ini bersifat eksperimental , yang melibatkan variabel perlakuan berupa model pembelajaran dengan menggunakan pendekatan investigasi kelompok yang dikenakan pada kelas eksperimen dan pada kelas kontrol menggunakan pendekatan konvensional untuk pokok bahasan getaran dan gelombang. Rancangan ini melibatkan satu kelas populasi, maka desain penelitian yang digunakan adalah Quasi experiment design yaitu NonequivalentControl Group Desain. Kerangka rancangan dimulai dari uji coba instrumen dan pengambilan data, analisis uji instrumen dan analisis data serta uji hipotesis menggunakan uji-t .
Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) prestasi belajar fisika bagi siswa yang diajar melalui pendekatan investigasi kelompok lebih tinggi dibandingkan dengan prestasi belajar fisika bagi siswa yang diajar melalui pendekatan konvensional, yang terlihat dari nilai rata-rata prestasi untuk kelas eksperimen adalah 78,85 sedangkan nilai rata-rata prestasi untuk kelas kontrol adalah 73,85 dan juga dilihat dari thitung> ttabel yaitu diperoleh thitung = 2,11 sedangkan ttabel = 2,064 (2) prestasi belajar bagi kelas yang diajar melalui pendekatan investigasi kelompok tergolong baik yaitu meningkat 29 %.
Kata kunci: Prestasi belajar, Investigasi Kelompok.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain