Skripsi
Pengaruh kebiasaan mengaji di rumah terhadap kemampuan membaca al-qur'an siswa kelas V MI Ma'arif Budilihur kecamatan Kertek kabupaten Wonosobo tahun pelajaran 2014/2015
Membaca al-Qur'an merupakan amal yang sangat mulia dan akan
mendapat pahala yang berlipat ganda, sebab yang dibacanya merupakan
kitab suci Illahi. Al-Qur'an adalah sebaik-baik bacaan bagi orang
Mukmin baik dikala senang maupun susah, dikala gembira ataupun
sedih. Malahan membaca al-Qur'an bukan saja menjadi amal dan ibadah
tetapi juga menjadi obat dan penawar bagi orang yang gelisah jiwanya.
Tujuan penulis mengadakan penelitian ini sebagai berikut (1)Untuk mengetahuikebiasaan mengaji di rumah siswa kelas V MI Ma’arif Budiluhur tahun pelajaran 2014/2015 (2) Untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas V MI Ma’arif Budiluhur tahun pelajaran 2014/2015 (3) Untuk mengetahui pengaruh kebiasaan mengaji di rumah terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas V MI Ma’arif Budiluhur tahun pelajaran 2014/2015.
Metode dan analisis dalam penelitian adalah menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan beberapa metode yaitu wawancara (Interview) Dokumentasi, Angket, dan Observasi.
Kebiasaan mengaji di rumah siswa kelas V MI Ma’arif Budiluhur Kecamatan Kertek sangat baik.Dari tabel prosentase kebiasaan mengaji di rumah siswa kelas VMI Ma’arif Budiluhur tahun pelajaran 2014/2015 membuktikan bahwa nilai terbesar terletak pada kategori sangat baik yaitu sebesar60 %, kategori baik, sebesar 40 %, kategori cukup sebesar 0 %, serta kategori kurang sebesar 0 %.Sedangkan rata-rata nilai kebiasaan mengaji di rumah adalah 49 angka ini berada pada rentang nilai teratas yakni 45-60.
Pengaruh kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas V MI Ma’arif Budiluhur tahun pelajaran 2014/2015 sangat baik. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perolehan kemampuan membaca Al-Qur’an yang dicapai siswa, karena dari tabel prosentase yang terbesar terletak pada kategori sangat baik yaitu sejumlah 12 orang sebesar 52,17 %, kategori baik sejumlah 11 orang sebesar 47,83 %,kategori cukup sejumlah 0 orang sebesar 20 % dan kurang sebesar 0 %.Sedangkan nilai rata-rata kemampuan membaca Al-Qur’an adalah 9.
Kata Kunci :Kebiasaan , Kemampuan Membaca Al-Qur’an.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain