Skripsi
Aplikasi Metode Quantum Teaching Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Di Kelas Viii Mts N 2 Banjarnegara Tahun Pelajaran 2015/2016
Pembelajaran quantum teaching, mengharuskan guru sebagai aktor yang mampu memainkan berbagai gaya belajar anak, mengorkestrakan kelas, menghipnotis kelas dengan daya tarik, dan menguatkan konsep ke dalam diri siswa. Jadi metode quantum teaching sebagai sebuah metode pembelajaran terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar siswa, meningkatkan prestasi, meningkatkan rasa percaya diri, meningkatkan harga diri dan melanjutkan penggunaan keterampilan sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan. Implementasi metode pembelajaran quantum teaching diharapkan mampu mengembangkan dan meningkatkan sikap positif siswa terhadap pelajaran, motivasi belajar, dan kepercayaan diri. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan aplikasi metode quantum teaching dalam pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Banjarnegara Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun analisis yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif deskriptif dengan model analisis interaktif. Selama proses pengumpulan data berlangsung, peneliti bergerak diantara tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Tiga komponen analisa interaktif tersebut yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan aktifitasnya berbentuk interaksi dengan pengumpulan data.
Aplikasi metode quantum teaching dalam pembelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Banjarnegara adalah: kegiatan pendahuluan dimana guru mengawali kegiatan pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa sebagai pembuka dalam pembelajaran, guru berupaya untuk memantau, mengamati secara seksama dan mengarahkan sikap siswa terlebih dahulu, guru menjelaskan dengan singkat dan jelas tentang tujuan atau proses pembelajaran yang akan dijalani siswa. Penyajian meliputi menyebutkan contoh dari makanan lezat dengan mengucapkan Subhanallah (tingkatkan minat), memancing pemikiran siswa untuk menjelaskan selera rasa dari berbagai makanan (aktifkan minat), menjelaskan bahwa tiap-tiap makanan tersebut memiliki rasa yang berbeda-beda sebagai bukti keagungan Allah SWT (namai konsep), menampilkan contoh konkrit dari berbagai makanan lezat dengan indera perasa (demonstrasikan), melakukan evaluasi secara lisan ulangi nilai, pujian atau tepuk tangan sebagai input siswa (rayakan). Penutup yakni memberikan penegasan dengan ulasan dan menyimpulkan materi pelajaran.
Kata kunci : Metode Quantum Teaching dan Aqidah Akhlak.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain