Skripsi
Analisis pembelajaran PKN pada materi nilai-nilai persatuan dan kesatuan siswa kelas V MI Islamiyah Pekasiran Batur Banjarnegara tahun pelajaran 2014/2015
Beberapa tahun belakangan ini teknologi dan modernisasi sangat berkembang dalam masyarakat. Proses perkembangan itu membuat sebagian manusia sangat bergantung pada hal-hal yang ada secara instan. Hal itu akan lebih berdampak negatiF untuk masyarakat Indonesia yang kaya akan kebudayaan yang bermacam-macam. Modernisasi yang ada akan menghilangkan jadi diri bangsa dan akan mengikuti mode-mode yang bukan kultur kita.
Penulisan skripsi dalam judul inkulturasi nilai-nilai persatuan dan kesatuan terhadap pengembangan pola pikir siswa kelas V mata pelajaran PKN MI Islamiyah Pekasiran Batur Banjarnegara tahun pelajaran 2014-2015,bertujuan untuk mengetahui sejauh mana nilai-nilai persatuan dan kesatuan yang diajarkan dalam sekolah mampu berpengaruh terhadap pola pikir siswa terhadap kulturalisasi yang ada sekarang di MI Islamiyah Pekasiran yang masih kental akan kebudayaan jawanya.
Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif. Untuk mengumpulkan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisisnya menggunakan analisis data kualitatif dengan tahap analisis data domain, analisis taksonomi, analisis komponensial, analisis tema kultural.
Hasil dari analisis ini adalah nilai-nilai persatuan dan kesatuan mampu merubahpola pikir siswa dijaman inkulturasi yang ada.
Kata Kunci: Inkulturasi, nilai-nilai persatuan dan kesatuan, pola pikir
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain