Skripsi
Konsep pemikiran Prof. Dr. Abdurrahman Assegaf tentang pendidikan Hadhari berbasis integratif-interkonektif
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah agar dapat memahami konsep pendidikan hadharisebagai paradigma pendidikan Islam yang digagas oleh Prof. Dr. Abdurrahman Assegaf dan apa saja yang menjadi karakteristik dari pendidikan hadharidimaksud.
Penelitian ini menggunakan kategori penelitian kualitatif. Secara umum, penelitian kualitatif bertujuan untuk memahami dunia makna. Karena bersifat understanding, data penelitian kualitatif bersifat naturalistik, metodenya induktif, pelaporannya bersifat deskriptif dan naratif.Data yang diambil dalam penelitian ini sepenuhnya berasal dari sumber kepustakaan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pendidikan hadhari adalah pendidikan yang berusaha membangun dan memajukan sistem pendidikan Islam dengan mengembangkan agama, ilmu dan filsafat sebagai satu kesatuan yang tak terpisahkan sesuai dengan Al-Qur’an dan hadis dan dijabarkan sesuai dengan tuntutan kebutuhan manusia dan isu-isu kontemporer pendidikan Islam. Karakteristik yang diidealkan pendidikan hadhari adalah, pertama, mencapai pendidikan Islam yang visioner, kedua, pendidikan integratif-interkonektif, ketiga, pendidikan non-dikotomik, dan keempat, pendidikan yang mampu menjawab persoalan kontemporer pendidikan.
Kata kunci: konsep, pendidikan hadhari, integratif-interkonektif, Abdurrahman Assegaf
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain