Skripsi
Penerapan metode sorongan pada kitab kuning dalam pembelajaran fikih di pondok pesantren Roudhotul Qur'an Banjarnegara
Keberhasilan proses pembelajaran dalam mencapai tujuan pendidikan ditentukan oleh metode yang digunakan. Pondok Pesantren Roudhotul Qur’an Banjarnegara adalah salah satu lembaga pendidikan nonformal yang menggunakan metode sorogan dalam proses pembelajaran Fikih. Metode sorogan ini dianggap mempunyai peran dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis santri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Fikih dengan metode sorogan dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis santri menyebutkan faktor pendukung dan menghambat kegiatan tersebut serta formulasi yang dapat meningkatkan penggunaan metode tersebut.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan studi kepustakaan (library research) sebagai metode pengumpulan data. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan, dari situ kemudian ditarik kesimpulan.
Proses pembelajaran fikih dengan metode sorogan di PP. Roudhotul Qur’an dimulai dengan dengan mengucapkan salam. Kemudian santri diminta menghadap satu persatu utuk menghafalkan materi sebelumnya kemudian mencatat materi yang di bacakan ustadz . Setelah dijelaskan, santri diberi kesempatan bertanya kemudian diminta membaca kembali apa yang telah dibacakan. Hasil penerapan metode sorogan adalah santri mampu membaca kitab fikih dan menggunakan bahasa arab dengan baik dan benar sesuai qoidah.
Penerapan metode sorogan didukung beberapa faktor yakni a) semangat dan keinginan pengasuh, ustadz dan santri untuk menggunakan metode sorogan, b) ustadz yang mengajar berdomisili di Pondok, dan c) kemahiran seorang ustadz dalam penguasan metode sorogan. Sedangkan kendala penerapan metode sorogan antara lain; a) metode sorogan dipandang kurang efektif dari sudut waktu yang relatif lama, b) tidak tepat waktu dalam mengikuti pembelajaran, c) terdapat beberapa santri yang masih kesulitan membaca kitab fikih karena belum menguasai tata bahasa Arab.
Formulasi penerapan metode sorogan dalam pembelajaran kitab fikih di PP. Roudhotul Qur’an dilakukan dengan cara a) membuat absensi kepada santri dan kepada ustadz sesuai kelasnya, b) mengingatkan kepada santri untuk senantiasa aktif dalam kegiatan sorogan, 3) memberikan sanksi kepada santri yang melanggar aturan dalam pelaksanaan pembelajaran, dan 4) memberikan pelajaran tambahan dan mengoptimalkan musyawarah atau diskusi.
Kata Kunci: Metode Sorogan – Kitab Fikih
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain