Skripsi
Pembelajaran Kreatif Dengan Alat Plastik Bekas Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas 1 Mi Ma'arif Tambi Kejajar Wonosobo Tahun Pelajaran 2014/2015
Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran kreatif dengan alat plastik bekas Dalam Meningkatkan minat Belajar Matematika Pada Siswa Kelas I MI Ma’arif Tambi Kecamatan Kejajar tahun ajaran 2014/2015, dan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penggunaan pembelajaran kreatif dengan alat Plastik Bekas Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas I MI Ma’arif Tambi Kecamatan Kejajar tahun ajaran 2014/2015.
Penelitian dilakukan di MI Ma’arif Tambi Kecamatan Kejajar dan sebagai sampel yaitu siswa Kelas I. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian ini yaitu observasi yang dilakukan saat kegiatan belajar mengajar.Selain observasi peneliti juga menggunakan metode tes dan dokumentasi.Setelah pengumpulan data kemudian dilakukan analisa dan uji hipotesis yang menggunakan rumus t test.Dalam penelitian ini ada dua variabel yang diteliti yaitu penggunaan pembelajaran kreatif dengan alat plastik bekas dan minat belajar Matematika siswa kelas I, metode dengan pendekatan kuantitatif, Sampel yang diteliti berjumlah 26 siswa, selanjutnya data diolah berdasarkan nilai pre test dan post test hasil nilai Matematika siswa kelas I MI Ma’arif Tambi tahun pelajaran 2014/2015.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa hasil pembelajaran dengan pembelajaran kreatif dengan alat plastik bekas ini mengalami peningkatan yang signifikan dari hasil sebelum menerapkan pembelajaran kreatif dengan alat plastik bekas, karena Thitung lebih besar dari Ttabel, baik dikonsultasikan dengan pada taraf signifikasi t0,05 (2,506) maupun t0,01 (2,746). Penggunaan pembelajaran kreatif dengan alat plastik bekas dalam pembelajaran Matematika, secara signifikan telah dapat menunjukkan efektivitasnya dalam meningkatkan minat belajar peserta didik. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan ttest dengan hasil 4,232 yang berada di atas ttabel pada taraf pada taraf signifikasi t0,05 (2,507) maupun t0,01 (2,746) dengan N = 26.
Kata Kunci : Pembelajaran Kreatif, Alat Plastik Bekas, Minat Belajar, dan Pembelajaran Matematika
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain