Skripsi
Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk peningkatan prestasi belajar mata pelajaran PAI siswa kelas VIII di smp 1 Garung tahun ajaran 2015/2016
1) MengetahuipelaksanaanpembelajaranPendidikan Agama Islam (PAI) kelas VIII di SMP 1 GarungKecamatanGarung.
2) Mengetahuiadakahperbedaanprestasibelajarsiswa yang diajarmenggunakanmetodeTeknologiInformasidanKomunikasi (TIK) denganmetodekonvensionalpadamatapelajaranPendidikan Agama Islam (PAI).
3) MengetahuiadakahpeningkatanprestasibelajarPendidikan Agama Islam (PAI) kelas VIII SMP 1 GarungKecamatanGarungtahunpelajaran 2015/2016 denganmenggunakanmetodeTeknologiImformasidanKomunikasi (TIK).
Jenispenelitianiniadalahpenelitiankuantitatif, denganmetodeeksperimenmenggunakandesainpretest-posttes.Subyekdalampenelitianiniadalahsiswakelas VIII SMP 1 Garung yang berjumlah 56 siswa( kelas control daneksperimen). Sebelumpembelajarankeduakelompokdiberikansoal pretest.SiswadengankelaseksperimendiberipembelajarandenganmenggunakanmetodeTeknologiInformasidanKomunikasi (TIK), sedangkansiswakelas control menggunakanmetodekonvensional. Kelompokeksperimendankelompok control dikenakantesakhirberupatesprestasibelajar, kemudiandiolah, dianalisis, dandibandingkanuntukmengetahuiperbedaansertapeningkatanprestasibelajarsiswa.
Dari hasilpenelitiandidapatkannilai rata-rata kelaseksperimensebesar 81,75sedangkankelas control 62,25. Hal inimenunjukkanbahwanilai rata-rata kelaseksperimenlebihtinggidaripadakelas control. Dan diperoleh pula nilaithitungpadatarafsignifikansi 5% sebesar 2,907 lebihbesardaripadattabelyaitu 14,535, sehinggadapatditarikkesimpulanadaperbedaanprestasibelajarantarasiswa yang diajarmenggunakanmetodeTeknologiInformasidanKomunikasi (TIK) denganmetodekonvensional.
Kata kunci :MetodeTeknologiInformasidanKomunikasi (TIK), PrestasiBelajar, PAI
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain