Skripsi
Efektifitas Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas Xi Di Smk Negeri 1 Wadaslintang Tahun Pelajaran 2015/2016
Dalam sebuah proses pembelajaran seorang guru sudah mengajarkan materi yang sesuai dengan tema. Namun kebanyakan masih seputar teori dan konsep, belum sampai ke ranah metodologi dan aplikasinya dalam kehidupan. Idealnya, dalam setiap proses pembelajaran mencakup aspek konses ( hakikat ), teori ( syari’at ), metode ( tarikat ), dan aplikasi ( ma’rifat ). Jika para guru sudah mengajarkan kuriulum secara komprehensif melalui konsep, teori, metodologi, dan aplikkasi disetiap mata pelajaran dimana nilai-nilai karakter sudah terimplementasikan di dalamnya, maka kebermaknaan yang diajarkan akan lebih efektif dalam menunjang pembentukan karakter. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pembelajaran pendidikan agama islam, efektifitas pembelajaran pendidikan agama islam dalam membentuk karakter, dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pendidikan agama islam kelas XI di SMK Negeri I Wadaslintang tahun pelajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, desain ini penulis gunakan karena penelitian yang akan penulis lakukan lebih terfokus pada kondisi kelas XI di SMK Negeri I Wadaslintang tahun pelajaran 2015/2016. Alat pengumpul datanya menggunakan observasi, wawancara, kuesioner atau angket, dokumentasi, instrumen penelitian, dan keabsahan data. Data-data yang sudah dikumpulkan, selanjutnya dianalisa untuk mendapatkan jawaban dari rumusan masalah pada penelitian ini. Penelitian ini mencari data dari (informan) guru, peserta didik, dan kepala sekolah.
Dari hasil penelitian bahwa dalam keefektifan pembelajaran pendidikan agama islam dalam membentuk karakter siswa kelas XI di SMK Negeri I Wadaslintang tahun Pelajaran 2015/2016, yaitu dalam proses perencanaan, pelaksanaan sampai pada penilaian selalu mengintegrasikan nilai-nilai karakter SMK Negeri I Wadaslintang yang meliputi: religius, jujur, peduli lingkun gan, disiplin dan tanggung jawab. Selain itu guru mata pelajaran pendidikan agama islam melakukan pembiasaan dalam kesehariannya yang meliputi 5 nilai pendidikan karakter tersebut, baik dalam persoalan ibadah maupun kehidupan sosial.
Kata Kunci: Pembelajaran PAI, pembentukan Karakter, Siswa
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain